5 MAKANAN INI HAMPIR TIDAK MEMILIKI MASA KADALUWARSA



Honey.jpg
Photo by pixabay.com & Google

Kalau ingin mengkonsumsi atau membeli suatu bahan makanan, apa yang pertama kali kamu cari tahu, mates? Salah satu yang kamu cari tahu pasti masa berlaku atau masa kadaluwarsanya. Tidak lucu kan saat kita sudah mengonsumsinya ternyata sudah expired atau sudah tidak layak konsumsi lagi. Bukannya menikmati makanan, kita malah bisa jatuh sakit.

 

Tapi kalau bahan makanan yang akan kita bahas ini, hampir tidak ada istilah masa berlakunya alias bisa bertahan sangat lama jika disimpan dengan baik. Bisa dikatakan bahan makanan ini tidak akan kadaluwarsa. Penasaran mau tahu apa aja bahan makanan tersebut? Yuk, langsung saja simak berikut ini:

 

1. Kecap Asin (Kemasan yang Belum Dibuka)

 

Kecap asin yang kamu punya di dapur bisa dikatakan hampir tidak memiliki masa kadaluwarsa loh, mates. Kecuali kamu sudah membuka tutup kemasannya, maka kamu punya waktu 3 tahun masa pemakaian sebelum harus membuangnya.

Terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan komposisi garam yang lebih banyak, kecap asin biasanya digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Kecap asin bahkan sudah ada sejak abad ke-19, dibuat dengan cara memasak kedelai hingga empuk, kemudian menambahkan gandum atau jelai, lalu membiarkannya mengalami fermentasi menggunakan kapang (Aspergillus sp dan Rhizopus sp), kemudian menambahkan garam dan air ke dalamnya, serta dibiarkan dua hingga tiga bulan sampai airnya ditiriskan.

 

2. Gula

 

Gula juga akan bertahan lama jika kamu menyimpannya dengan cara yang tepat di tempat yang dingin dan kering. Cukup jauhkan dari kerumunan semut dan tempat yang lembab, maka gula kamu akan bisa digunakan selamanya.

Biasanya gula diperoleh dari nira, tebu, bit gula atau aren. Jenis gula yang paling tahan lama adalah gula yang berasal dari tebu, umumnya dipasarkan dalam bentuk gula kristal curah.

 

3. Madu

 

Meskipun ada kemungkinan mengalami pengkristalan, tapi kualitas makanan manis satu ini tetap terjaga karena memiliki anti mikroba alami. Kalaupun mengalami pengkristalan, kamu hanya perlu mencelupkan wadahnya ke air hangat, mates. Daya tahan madu akan terjaga karena memiliki tingkat keasama atau PH yang rendah dan tingkat kelembabannya juga sangat rendah. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

 

4. Cuka

 

Tidak ada istilah kadaluwarsa pada cuka. Bahan makanan ini akan tetap terjaga kualitasnya sekalipun kamu sudah membuka penutup kemasannya. Asam cuka biasanya dikenal sebagai pemberi rasa dan aroma pada makanan. Diproduksi secara sintetis mapun secara alami melalui fermentasi bakteri. Selain sebagai bumbu, cuka juga biasa digunakan untuk pengawetan sayuran dan makanan lain.

 

5. Beras Putih (Kemasan Belum Dibuka)

 

Kalau gandum hanya bisa bertahan selama 6 bulan, beda halnya dengan beras putih yang bisa bertahan lama dalam kemasan yang terjaga. Menjaga kemasan tempat beras tersimpan dapat memperpanjang masa berlakunya karena menjauhkan beras dari kemungkinan lapuk karena lembab, atau dihinggapi kutu beras.

 

Kelima bahan makanan ini bisa kamu simpan dalam waktu lama dan dikonsumsi dengan catatan, bahan makanan tidak mengalami perubahan warna, kemasan rusak atau mengeluarkan bau tidak sedap. Jika bahan makanannya tidak mengeluarkan tanda tersebut, maka bahan makanan masih aman untuk dikonsumsi.

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment