5 Media Sosial Jadul yang Dulu Populer, Nomor 4 Bikin Kangen!



twitter-unsplash.jpg
Photo by unsplash

Mates, tahu nggak sih sebelum Facebook ada beberapa media sosial yang ternyata cukup populer? Ya, di era awal 2000-an, media sosial ini sangat booming di kalangan remaja. Meski fungsinya belum secanggih Facebook, banyak di antaranya mendapat tempat di hati pengguna.

Sayang, seiring pesatnya kemajuan teknologi, media sosial ini perlahan meredup dilahap Facebook. Akibatnya, banyak pengguna meninggalkan media sosial tersebut karena alasan bosan atau tertarik dengan Facebook yang lebih asyik.

Nah, lantas, selain Facebook apa saja sih media sosial zaman dulu yang sempat hits? Nih, MyStudyWorld rangkum khusus buat kamu. Siapa tahu, salah seorang dari kamu (yang mungkin sekarang duduk di bangku kuliah) sempat menggunakannya.

 

1. MySpace

MySpace mungkin lebih dikenal sebagai media sosialnya anak-anak pecinta musik, Mates. Jauh sebelum Spotify dan kawan-kawannya ada, MySpace adalah wadah berbagi hobi bermusik antar pengguna.

Bahkan, saking populernya, pengguna MySpace diklaim mampu mencapai 75,9 juta orang dalam satu bulan. Sayang, popularitas MySpace cuma berlangsung singkat. Pada 2011, MySpace dijual ke perusahaan teknologi Viant dengan harga sekitar Rp 471 miliar.

 

2. Foursquare

Ini dia nih, Mates, media sosial berbagi lokasi yang sempat booming di 2009. Apalagi di Indonesia, Fourquare malah jadi media sosial pamer-pameran penggunanya lagi di lokasi mana. Padahal, pengguna cuma asal check in dan lokasi aslinya ada di rumah. Hayo, kamu pasti pernah seperti ini kan?

Nah, Foursquare sendiri memperkenankan penggunanya berbagi lokasi dengan orang lain. Tak cuma itu, media sosial ini juga menjadi wadah yang asyik untuk mengulas suatu tempat hangout, entah itu kafe, restoran atau juga toko.

 

3. Plurk

Coba yang sempat main Plurk angkat tangan! Nah, Plurk adalah media sosial jenis microblogging yang begitu hits di 2009. Fungsinya sih mirip dengan Twitter, Mates. Pengguna bisa menulis status apapun yang disebut "Plurk" dalam batas maksimum 140 karakter.

Sayang, popularitas Plurk cuma bertahan sebentar. Walau begitu, hingga kini Plurk ternyata masih ada, Mates! Tetapi, penggunanya sendiri sudah tidak sebanyak dulu.

 

4. Friendster

Nih Mates, media sosial yang nggak kalah populernya sama Facebook. Yup, Friendster adalah media sosial terpopuler di era 2000-an dan dibesut oleh Jonathan Abrams pada 2002.

Per 2008, laporan mengungkap basis pengguna Friendster itu banyak banget. Ada kurang lebih 115 juta pengguna aktif Friendster pada waktu itu. Fungsinya sih, mirip-mirip dengan Facebook. Pengguna bisa berjejaring dengan rekan dan kerabat dengan mengirim testimoni di kolom profil.

Kehadiran Facebook ternyata diduga menjadi pemicu kehancuran Friendster nih, Mates. Waktu itu, sebagian besar pengguna Friendster beralih ke Facebook. Nyaris bangkrut, Friendster pun dirombak ulang pada 2009.

Sayang, hingga 2011 pamor Friendster justru kian meredup dan akhirnya resmi ditutup. Duh, sedih banget pasti ya, Mates. Mungkin bagi kamu yang sekarang duduk di bangku kuliah sempat merasakan asyiknya bermain Friendster, betul?

 

5. Koprol

Koprol ternyata merupakan medsos yang dibesut anak bangsa lho, Mates! Jadi, Koprol itu adalah medsos yang memberitahukan lokasi sesama pengguna, serta menghubungkan pengguna lain yang ada di tempat yang sama.

Yang bikin bangga lagi nih mates, media sosial yang dibesut Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto tersebut ternyata dibeli oleh raksasa internet Yahoo pada 2010 lalu. Sayang, pada Agustus 2012 Yahoo menyetop Koprol karena tidak memiliki basis pengguna yang banyak.

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment