Jurusan Kece Sepi Peminat, Padahal Lagi In Demand!



the-highest-earning-college-major-on-wall-street-is-not-what-you-would-expect.jpg
Photo by http://www.businessinsider.co.id

Persaingan kerja itu ketat, bro!” Itu yang jadi salah satu permasalahan fresh graduate masa kini. Tapi, apa jadinya kalau ada jurusan bergengsi yang menawarkan pekerjaan bergaji tinggi, plus minim pesaing? MSW jamin, pasti kamu semua pada ngiler, deh.

Sayangnya banyak banget calon mahasiswa yang cuma tau jurusan-jurusan favorit dan populer saja. Padahal, ternyata banyak banget jurusan yang nggak banyak dilirik sama calon mahasiswa, tapi ternyata lagi dibutuhin banget sama negara kita. Nggak ada lagi alasan kurang informasi, karena MSW akan kasih tau kamu jurusan dengan lulusan langka yang banyak dicari!

Ilmu Aktuaris

Buat sebagian dari kamu, Jurusan aktuaria emang masih terdengar asing. Nggak heran kalau lulusan aktuaria masih sangat amat angka di Indonesia. Jurusan aktuaria mempelajari analisa resiko pengelolaan uang perusahaan untuk jangka panjang, terutama perusahaan yang bergerak di bidang asuransi dan keuangan. Lulusan jurusan ini disebut aktuaris, dan hingga kini baru ada 300an orang saja, lho! Sedikit banget mahasiswa yang melirik jurusan aktuaris, jadi nggak heran kalau fresh graduate-nya saja udah jadi rebutan perusahaan-perusahaan besar.

Ilmu Penerbangan Aviasi & Aerospace Engineering

Jadi pilot dan dokter bisa dikata merupakan cita-cita masa kecil yang paling banyak dilontarkan. Mungkin kamu juga. Tapi mirisnya, saat ini Indonesia sedang krisis pilot dan tenaga ahli teknik penerbangan! Yup, meningkatnya pengadaan pesawat untuk kepentingan sipil di Indonesia setiap tahunnya ternyata tidak diimbangi dengan meningkatnya jumlah pilot dan mekanis untuk maintenance pesawat-pesawat tersebut, hingga Indonesia masih harus ‘impor’ mekanis penerbangan asing.

Geologi & Geofisika

Dibanding jurusan-jurusan ilmu alam lainnya, jurusan geologi yang notabene ‘hanya’ berkutat dengan seluk beluk tanah dan bumi memang kalah pamor. Tapi, tahu sendiri kan, kalau Indonesia masih menyimpan banyak banget kekayaan bumi, namun terkendala SDM yang terbatas? Makanya itu, para sarjana geologi sangat diburu untuk mengisi kekosongan di perusahaan-perusahaan pertambangan di Indonesia.

Petroleum Engineering

Perminyakan adalah hal yang rumit buat dipelajari, makanya nggak heran kalau jurusan ini lumayan membuat calon mahasiswa keder duluan. Padahal, seperti yang kamu tahu benar, industri minyak dan gas merupakan salah satu industri penting nggak cuma di Indonesia, tapi juga di dunia. Kamu pun tidak usah telalu khawatir sama persaingan kerja, karena teknisi dan ahli perminyakan masih sangat dibutuhkan dimana-mana.

Teknik Nuklir

Dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan membuka Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, jadi butuhan akan teknisi-teknisi nuklir yang handal akan sangat diperlukan. Jurusan yang sedang hangat berkembang ini sayangnya  nggak begitu populer dalam tujuan kuliah mahasiswa. Jumlah lulusan yang langka membuat sarjana teknik nuklir terlihat lebih elit dari teknik lainnya.

Oceanography/ Ocean Science

Pernah kepikiran untuk mempelajari dinamika fisika, kimia, dan biologi laut? Meskipun Indonesia merupakan negara maritim, tampaknya masih banyak yang tidak terlalu mengetahui adanya jurusan oseanografi ini. Berbeda dengan jurusan kelautan yang banyak membahas kehidupan hayati laut, jurusan Oseanografi lebih banyak berkutat pada organisme laut, unsur kimia, arus, gelombang, pasang surut, sedimentasi, lempeng tektonik dan geologi dasar laut. Dengan jumlah lulusan yang minim, Indonesia masih sering menarik pekerja asing untuk mengisi kebutuhan di bidang ini. Sayang banget kan, guys?

Ternyata, di balik jurusan-jurusan populer seperti kedokteran atau ekonomi, banyak jurusan diam-diam menyimpan potensi karir cemerlang, lho. Makanya, sering-sering buka mystudyworld biar kamu selalu update dengan kesempatan pendidikan terkini, ya!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment