Kelar Ujian Nasional ikutan Promnite, Baca dulu sejarah pesta akhir angkatan tersebut!



promnite_pic.jpg
Photo by zimbio.com

Setelah melewati masa-masa Ujian nasional tentunya banyak ide kreatif dengan teman seangkatan untuk merayakan kelulusan, salah satunya adalah Promnite. Di Indonesia sendiri Promnite mulai terkenal di awal tahun 2000an, tapi tau gak sih Promnite itu merupakan budaya barat ? seperti apa sih Promnite di luar negeri sana.

Promnite merupakan kependekan dari Bahasa Inggris yaitu “Promenade”yang berarti jalan-jalan, Promnite sendiribiasanya diadakan saat malam hari dan biasanya bisa dilaksanakan di aula sekolah sampai Ballroom Hotel berbintang.

Dan Menurut buku Promnite: Youth, Schools, and Popular Culture karya Amy L. Best (disadur oleh Anna R. Nawaning dalam All About Promnite, 2006), prom merupakan tradisi yang dilakukan di sejumlah kota di Amerika Serikat pada 1920-an. Sama seperti di Indonesia, promnite di luar negeri biasanya diadakan pada malam hari, dan diselenggarakan di Hotel berbintang ataupun aula sekolah. Wanita dengan dandanan dress lengkap beserta make up glamour, dan sang pria memakai tuxedo necis.

Sebelumnya Promnite merupakan acara perpisahan sekolah biasa, namun seiring perkembangan zaman Promnite menjadi tradisi wajib dengan pesta dansa pada akhir acara. Di tiap negara, prom punya istilah yang berbeda-beda. Australia, misalnya, prom dikenal sebagai ball atau school formal. Sementara itu, di Irlandia disebut grad atau debs. Penggunaan istilah prom lebih populer di Inggris dan negara-negara Amerika Utara.

Kini Promnite bukan lagi sebagai acara yang formal, tapi merupakan acara yang dikemas secara menarik untuk siswa kelas akhir.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment