6 Hal ini Bisa Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi



Focus_and_consentration.jpg
Photo by pixabay.com

Melatih kemampuan untuk dapat fokus dan konsentrasi memang bukan suatu perkara mudah. Ketika kamu sedang belajar, bekerja ataupun melakukan kegiatan sehari-hari, kamu pasti sering mengalami yang namanya hilang fokus.

 

Hilang fokus dapat menyebabkan kamu gagal untuk mengerjakan atau melakukan suatu hal tepat waktu. Hal ini bisa mempengaruhi nilai dan kinerja kamu. Dan jika tidak segera diatasi, semakin lama kamu akan mengalami kesusahan dalam berkonsentrasi.

 

Mungkin kamu adalah salah satu murid atau mahasiswa yang pernah ditegur guru atau dosen saat sedang mengikuti pelajaran karena dianggap melamun dan tidak memperhatikan penjelasan. Padahal bisa saja kamu sebenarnya sedang berusaha keras untuk bisa fokus mengikuti kelas, tapi pada akhirnya fokus kamu buyar juga.

 

Atau kamu mungkin adalah salah satu karyawan yang pernah ditegur karena tidak fokus saat bekerja atau saat mengikuti rapat. Padahal kamu sudah berusaha menyimak baik-baik apa yang sedang dijelaskan oleh rekan kerja kamu, atau kamu sudah berusaha memelototi layar komputer untuk dapat segera menuntaskan pekerjaan yang diberikan kepada kamu. Tapi lagi-lagi tidak ada perkembangan dalam pekerjaan kamu karena kesulitan dalam berkonsentrasi.

 

Kemampuan untuk fokus atau berkonsentrasi bisa kamu tingkatkan. Caranya dengan melatih kemampuan fokus kamu setiap hari. Tapi memang bukan hal yang mudah, karena kalau mudah kita semua pasti sudah memiliki kemampuan fokus setara atlet kelas dunia yang berhasil memenangkan medali saat tanding.

 

Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa kamu coba untuk tetap menjaga konsentrasi dan fokus kamu:

1. Cari tahu seberapa besar kemampuan kamu untuk tetap fokus pada suatu hal

Photo credit: GravityGlue.com

Sebelum melangkah terlalu jauh, kamu harus bisa mengenali diri kamu sendiri terlebih dahulu. Cari tahu apakah kamu merupakan pribadi yang kesulitan dalam berkonsentrasi karena mudah terdistraksi? Ataukah kamu merupakan orang yang mampu menjaga pikiran tetap fokus pada pekerjaan atau suatu kegiatan?

Jika kamu memiliki daya fokus yang rendah, berarti kamu perlu berlatih menjaga konsentrasi lebih keras dari yang daya fokusnya tergolong tinggi. Doodle atau menggambar merupakan salah satu alternative yang digandrungi oleh semua pihak. Bukan sekedar menggambar asal-asalan, ternyata dengan doodle kamu bisa menjaga pikiran kamu untuk dapat berkonsentrasi.

 

2. Minimalisir gangguan atau hal yang bisa mengalihkan fokus

Photo credit: bangka.tribunnews.com

Seseorang bisa terdistraksi karena mendengarkan suara ribut dari luar ruangan. Bisa juga karena diajak mengobrol oleh teman sebelah meja atau rekan kerja yang lalu lalang. Bisa juga terdistraksi karena keinginan kuat dari diri sendiri untuk membuka social media karena takut ketinggalan informasi terbaru saat sedang bekerja atau belajar. Gangguan seperti ini bisa merusak konsentrasi dan membuat kamu kehilangan fokus.

Bahkan ada orang yang akan terganggu konnsentrasinya hanya karena merasakan adanya pergerakan dari suatu benda atau seseorang. Bahkan suara jarum jam yang berdetak juga bisa mengganggu konsentrasi. Itulah mengapa kemampuan konsentrasi setiap orang itu disebut berbeda.

Kamu harus tahu cara untuk meminimalisir gangguan tersebut. Bisa saja dengan cara menyimpan handphone kamu jauh dari jangkauan, mencari tempat yang sepi untuk belajar, memiliki ruang untuk diri sendiri, menjauh sejenak dari keramaian yang berpotensi merusak konsentrasi.

Perasaan gugup, khawatir, lelah, merasa kehilangan motivasi, dan hal-hal yang berasal dari dalam pikiran kamu sendiri menjadi salah satu sumber dari distraksi itu sendiri. Bagaimana cara untuk mengatasinya? Kamu perlu untuk berpikir positif, ambil waktu istirahat yang cukup dan selalu berusaha bersikap tenang untuk melawan rasa gugup tersebut. Coba untuk fokus kembali setiap hal-hal ini mulai mengganggu kemampuan konsentrasi kamu.

 

3. Coba lakukan meditasi ringan

Photo credit: befitglitz.com

Menjaga pikiran tetap fokus dapat dilakukan dengan bermeditasi. Cari waktu luang dan tempat yang jauh dari kebisingan dan mulailah untuk bermeditasi. Usahakan untuk menjaga pikiran tetap fokus dan tidak memikirkan hal lain. Tujuan meditasi ini adalah untuk membuat pikiran kamu damai dan melupakan sejenak beban-beban pikiran yang ada.

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk meditasi, kamu juga bisa mencoba meningkatkan fokus dengan cara menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan. Ulangi hingga beberapa kali sampai kamu merasa pikiranmu sudah kembali fokus.

 

4. Jangan paksakan diri untuk bisa multitasking

Photo credit: site.psu.edu

Dibandingkan dengan memaksakan diri untuk dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, kamu bisa memilih untuk fokus mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk multitasking. Sebagian besar malah pekerjaannya menggantung dan tidak selesai tepat waktu karena berusaha melakukan hal yang di luar kemampuannya.

Hasil pekerjaan akan lebih optimal ketika kamu mencurahkan fokus kepada suatu kegiatan dan mengerjakannya sebaik mungkin dan secepat mungkin untuk dapat lanjut mengerjakan hal yang lain. Fokus kembali ke pekerjaan dan kegiatan berikutnya, lakukan hal yang sama kepada kegiatan lain maka hasil yang kamu dapatkan akan jauh lebih maksimal.

 

5. Ambil waktu rehat sejenak

Photo credit: india.com

Lelah, jenuh, bosan dan tidak memiliki semangat untuk belajar atau bekerja sangat mempengaruhi kemampuan kamu saat berusaha untuk berkonsentrasi. Mencoba memaksakan diri dan tidak mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi, pada akhirnya kamu akan semakin merasa terbebani. Coba deh, ambil waktu luang dan istirahat sejenak dari segala rutinitas padat kamu sehari-hari.

Gunakan waktu rehat kamu untuk mengisi kembali energi dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya dengan travelling, menulis, menonton, membaca, karaokean, olah raga, bahkan tidur sekalipun. Jika hal ini kamu rasa bisa mengembalikan semangat dan konsentrasi kamu, kenapa tidak?

 

6. Latih kemampuan fokusmu setiap hari

Melatih fokus dan konsentrasi bukan perkara yang bisa dilakukan dalam satu malam. Untuk itu kamu harus bisa menjaga pikiran tetap fokus dan selalu cari tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk selalu berada di dalam goals kamu. Saat gagal berkonsentrasi, usahakan untuk cari tahu apa yang menjadi sumber gangguan untuk dapat mengatasinya kemudian.

 

Jangan lupa untuk terus melatih kemampuan fokus kamu ya mates, nggak mau kan kena tegur karena hilang fokus saat melakukan suatu kegiatan?

Leave a Comment

  0 Comment

Comment