6 HAL YANG JADI PERTIMBANGAN KETIKA HENDAK MEMILIH JURUSAN



Content_210119_(1).jpg
Photo by TheBestSchools.org

Memilih jurusan bukan perkara yang mudah jika kamu memikirkan segala sesuatunya sampai ke beberapa tahun mendatang. Ada banyak hal yang harus jadi pertimbangan supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

 

Sebagian orang mungkin memilih jurusan dengan prinsip ‘jalani saja dulu’, dan tak jarang mereka malah merasa tertekan setelah masuk ke dalam dunia perkuliahan. Banyak yang merasa apa yang mereka temukan di dunia nyata sangat berbeda dengan apa yang mereka bayangkan sebelumnya.

 

Untuk mencegah kamu menyesal nantinya, maka perlu diadakan pertimbangan yang matang. Apakah jurusan itu memang tepat untuk kamu? Apakah nantinya kamu akan menikmati masa-masa perkuliahan dan tidak mengeluh ketika berkecimpung di dalamnya?

 

Jadi apa saja sih, yang perlu kamu jadikan pertimbangan ketika memilih suatu jurusan?

 

1. Pastikan kamu memiliki minat yang besar untuk menekuni jurusan yang kamu pilih

Photo credit: architecture.lab

Kenapa? Karena kamu akan menekuni bidang itu selama 3 – 5 tahun. Butuh ketekunan dan minat yang besar supaya kamu bisa bertahan dan menikmati masa-masa perkuliahan. Ada banyak orang yang mulai mengeluh di awal-awal perkuliahan dan merasa tidak cocok dengan bidang yang dipelajari. Sayang sekali kan kalau kamu harus merasa tertekan dengan pilihan kamu sendiri?

 

2. Cari tahu terlebih dahulu prospek kerja lulusan jurusan tersebut untuk beberapa tahun ke depan

Photo credit: jobs.vettimes.co.uk

Apa yang ada dibayangan kamu ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Tentunya harapan untuk memperoleh pekerjaan yang baik di masa depan kan mates? Sekarang coba kamu cari tahu kira-kira kalau kamu memilih jurusan yang kamu dambakan, seperti apa prospek kerja lulusannya dan apakah pekerjaan tersebut masih relevan untuk beberapa tahun ke depan?

 

3. Cari tahu karir apa yang akan berkembang dan dibutuhkan di masa depan

Photo credit: smartdatacollective.com

Jika saat ini kamu belum menentukan jurusan apa yang akan dipilih, coba lakukan beberapa riset terlebih dahulu tentang pekerjaan atau karir apa yang akan dicari dan dibutuhkan di masa depan atau dalam beberapa tahun ke depan. Lalu cari jurusan apa yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

 

4. Sesuaikan kemampuan kamu dengan jurusan yang dipilih

Photo credit: colorado.edu

Sudah menjatuhkan pilihan pada suatu jurusan? Sekarang saatnya kamu memperhitungkan kemampuan kamu untuk dapat memasuki jurusan tersebut. Mulai dari kemampuan akademik, relevansi jurusan kamu saat di sekolah menengah ke jurusan yang akan kamu ambil sampai kondisi perekonomian keluarga juga harus kamu perhitungkan.

Tetapi kalau berbicara soal biaya perkuliahan, saat ini ada banyak tawaran beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi, tergantung kamu mau mengejar beasiswa tersebut atau tidak.

 

5. Pastikan kamu memilih jurusan bukan karena ikut-ikutan teman atau paksaan orang lain

Photo credit: campusexplorer.com

Salah satu penyebab kebanyakan mahasiswa yang merasa salah jurusan adalah karena ia memilih jurusan itu karena ikut-ikutan teman atau dipilihkan oleh orang tua/saudara. Oleh karena itu, pastikan jurusan yang kamu pilih bukan semata-mata karena ikut teman atau terpaksa karena pilihan orang tua. Sayang sekali kalau akhirnya kamu mundur setelah diterima dan tidak cocok dengan bidang perkuliahan yang kamu ikuti.

 

6. Selalu sediakan Plan B

Photo credit: dontgiveupworld.com

Setiap membuat perencanaan, selalu pikirkan plan B atau rencana cadangan. Misalnya kalau kamu tidak diterima di jurusan yang kamu pilih sebagai opsi utama, maka kamu sudah harus memiliki rencana ke depannya. Apakah kamu akan mengambil jurusan yang berbeda atau berniat mencoba di kesempatan selanjutnya? Semua tergantung pada dirimu sendiri, keputusan ada di tanganmu. Tapi tentunya harus diskusi juga dengan keluarga lainnya.

 

Nah, mates. Kalau kamu ingin tahu kira-kira jurusan apa yang cocok dengan minat dan bakat kamu atau ingin mencari tahu informasi seputar jurusan dan universitas dalam dan luar negeri, kamu boleh banget mencari tahunya di tools explore website ini. Selamat menentukan jurusan ya, mates.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment