6 LANGKAH MEMBUAT RESOLUSI TAHUNAN. SUDAH NOVEMBER, RESOLUSI 2018 KAMU APA KABAR?



resolusi2018.jpg
Photo by pixabay.com

November sudah tiba, mates. Tak terasa tahun 2018 hanya tinggal dua bulan lagi. Kamu-kamu yang buat resolusi di Januari kemarin, resolusi 2018 kamu apa kabar?

 

Yang buat resolusi di awal tahun dengan penuh nafsu tanpa pertimbangan ini itu, hayo ngaku! Kalau sebagian besar goals kamu di tahun ini sudah tercapai, berarti kamu benar-benar bertekad saat membuatnya. Dan kamu yang belum mencapai goals, mungkin kamu punya alasan tersendiri kalau kita tanya ‘kenapa?’.

 

Penting nggak sih buat persiapan matang sebelum menulis daftar resolusi tahunan? Jangan salah kaprah ya, mates. Membuat resolusi tahunan jangan asal-asalan atau hanya ikut hype yang ada. Perhatikan apa saja yang ingin kamu jadikan goals. Dan jangan lupa untuk memperhitungkan berapa persen kemungkinan kamu bisa meraihnya.

 

Yuk, kita bahas lebih dalam tentang bagaimana cara membuat resolusi tahunan yang perhitungan. Supaya tahun depan daftar resolusi kamu lebih masuk akal, dan pastinya kamu lebih merasa termotivasi untuk mencapainya.

 

1. Tulis semua goals yang ingin kamu capai

Pikirkan apa hal yang ingin kamu capai di tahun depan, tuliskan dan buat daftarnya. Misalnya mulai dari hubungan kamu dengan pencipta, hubungan dengan keluarga dan orang di sekitar, prestasi di sekolah, universitas atau tempat kerja, kesehatan, dll.

 

2. Pilih goals untuk diprioritaskan pencapaiannya

Urutkan mana yang paling kamu prioritaskan untuk tercapai dari daftar goals yang sudah kamu buat. Kalau terlalu banyak daftar yang kamu anggap prioritas, coba pikirkan tujuan mana yang kira-kira akan membantu mewujudkan tujuan yang lain jika kamu kerjakan. Jika kamu melakukan satu goal dan itu berpotensi membuat goal yang lain tercapai, maka pilihlah goal tersebut untuk jadi prioritas.

 

3. Cari orang terpercaya untuk diajak diskusi tentang goals kamu

Diskusikan dengan orang yang kamu percaya, apa kira-kira daftar resolusi kamu sudah masuk akal atau masih terlalu mengkhayal. Dengan meminta bantuan mereka, kamu juga sudah memiliki orang yang akan membantu mengarahkan atau mengingatkan saat kamu sudah terlalu jauh melenceng dari goals yang ingin kamu raih.

 

4. Usahakan berada di lingkungan yang mendukung pencapaian resolusi kamu

Kalau resolusi kamu untuk masuk PTN tahun depan, usahakan berada di lingkungan yang mendukung resolusi itu tercapai. Usahakan berada di lingkungan yang akan mendukung kamu untuk fokus belajar dan kurangi nongkrong nggak jelas dengan teman-teman, kecuali itu memang waktunya kamu buat quality time dengan mereka. Lingkungan luar sangat berpengaruh pada persentase tercapainya resolusi kamu.

 

5. Ketahui langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai resolusi

Yang namanya tujuan atau resolusi pasti harus dilakukan secara bertahap untuk dapat tercapai. Tidak ada yang instan. Untuk itu kamu harus perlu mengetahui langkah apa yang harus kamu tempuh saat ingin mencapai tujuan tersebut. Kamu bisa mencatat setiap keberhasilan yang sudah kamu raih untuk selangkah lebih dekat ke tujuan kamu, ini bisa jadi penyemangat juga untuk meraih resolusi secara menyeluruh.

 

6. Jangan mudah menyerah

Untuk dapat mencapai resolusi tahunan yang sudah kamu buat di awal tahun, tentu tidak akan mudah. Semua butuh proses, semua butuh usaha dan kemauan untuk meraihnya. Jika di tengah jalan kamu merasa ragu akan pencapaian dari usaha kamu, maka ingatlah untuk tidak menyerah. Berputus asa di tengah jalan dan akhirnya menyerah hanya akan membuat semua usaha yang sudah kamu kerjakan selama ini menjadi sia-sia. Kerugiannya lebih besar. Rugi tenaga dan juga waktu. Kalau kamu tetap berusaha meraihnya, kerugian ini akan berubah menjadi keuntungan dan kepuasan tersendiri.

 

Jangan lupa untuk membuat resolusi di awal tahun ya, mates. Resolusi tahunan dapat membantu kamu untuk menunjukkan arah dan tujuan ke depannya. Jadi kamu akan selalu punya hal yang ingin diraih dan tidak ada waktu untuk berleha-leha dan bermalas-malasan. Kalau resolusi kamu di tahun ini belum tercapai, kamu bisa melanjutkan realisasinya ke tahun depan. Dengan catatan, resolusi tahun depan jangan dibawa ke tahun selanjutnya lagi ya. Nggak asik kan kalau resolusi selalu sama karena dibawa dari tahun ke tahun?!

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment