Berencana kuliah di luar negeri, lihat dulu seperti apa kegiatan ospeknya



OrientationWelcometoU.jpg
Photo by colorado.edu

Awal tahun ajaran baru merupakan hal yang mungkin dinanti oleh calon mahasiswa/I, mulai dari suasana baru sam[ai teman baru. Sejenak kita lupakan masa putih abu-abu. Mulai masuk ke dunia perkuliahan. Sebelum masuk kuliah, sebagai anak baru kita harus ikut Ospek alias masa orientasi masa siswa.

Masa Orientasi mahasiswa diadakan sebagai salah satu kegiatan yang dimana untuk memperkenalkan calon MABA alias mahasiswa baru kepada kampus baru, mulai dari gedung kampus, sistem pembelajaran, sampai kegiatan mahasiswa.

Lain di Indonesia, lain juga di luar negeri. Yuk kita simak beberapa kegiatan Ospek di luar negeri.

Australia

Di negeri kanguru ini memiliki Masa Orientasi Mahasiswa yang disebut dengan O Week. O Week sendiri mewajibkan calon mahasiswa baru nya untuk mengikuti kegiatan tersebut satu minggu sebelum kegiatan kampus dimulai. Selama periode O Week ini para Maba biasanya akan disuguhkan berbagai macam kegiatan dari klub-klub yang ada, para senior akan mempertunjukan klub-klub mereka dan mempromosikannya kepada Maba. Dibeberapa kampus ternama di Australia O Week diadakan secara besar-besaran. Sebut University of New South Wales, University of Sydney dan University of Melbourne. Dipuncak acara O Week akan ada acara barbeque sampai pertunjukan seni. Keren!

Malaysia

Di Malaysia kegiatan orientasi mahasiswa diadakan sama seperti kampus-kampus lainnya, yang membedakan adalah kegiatan nya lebih memberikan informasi mengenai kapmus. Well, salah satunya adalah ospek di MMU para Maba dikumpulkan di dalam satu hall atau ballroom dan akan mendengarkan sambutan dari rector maupun ketua jurusan kampus. Setelah  itu dibagi-bagi dalam kelompok jurusan kuliah. Dan pada saat Faculty Briefing Maba mendapatkan Guide Book yang berisikan tentang informasi kampus, proses Course Registration, semua informasi tersebut sangat bermanfaat untuk bekal sampai lulus nanti. Di akhir acara seluruh Maba menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia “ Negaraku “ dan mars kampus. Semuanya tertata rapih, dan dapat dikenang!

Amerika Serikat

Negara Amerika mempunyai cara sendiri untuk melaksanakan kegiatan Ospek dikampus. Sederhananya, di Amerika setiap mahasiswa/I yang baru masuk akan memasuki masa orientasi. Seperti apa ? dimasa orientasi para mahasiswa baru diperkenankan keliling kampus, tentunya dengan bimbingan pihak kampus dan senior. Uniknya lagi orang tua mahasiswa dapat mengikuti kegiatan Kampus Tour. Selain itu hadirnya tenant-tenant di kampus yang akan memudahkan para mahasiswa/I untuk memberikan informasi akomodasi, sepeti Bank lokal, dll. Oh ya, saat mahasiswa baru memasuki dorm ataupun apartment baru. Mereka dipersilahkan untuk berkenalan dengan teman baru mereka! Semacam Welcome Party.

So, Guys, gak ada tuh Ospek yang memang membuat jengkel junior, semoga ya. Dengan adanya Ospek yang mendidik dengan konten menarik membuat Mahasiswa baru lebih nyaman dan lebih semangat untuk memasuki awal kuliah, tanpa adanya bully dan “keisengan” senior ke junior.

Ready for New Semester ?

Leave a Comment

  0 Comment