Biar Nggak Kaget Sama Puasa, Ini Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa



ramadan_kareem.jpg
Photo by https://cdn-az.allevents.in

Hari pertama puasa! Pasti lagi seru-serunya nih, Mates! Selalu ada pengalaman khas yang cuma bisa ditemuin di bulan Ramadhan al Kareem ini. Nyariin jajanan takjil di pasar Ramadhan kagetan, misalnya, atau dengerin alunan suara mengaji di masjid dekat rumahmu, buka bersama plus reuni-reuni, sampai cari uang saku tambahan dengan jualan takjil sama teman-teman. Atau sekolah yang jam masuknya mendadak jadi lebih siang. Asik.

Dibalik itu semua, ada beberapa persiapan khusus yang bisa kamu lakukan sebagai pelajar/ mahasiswa biar puasamu makin sip! Nggak ada lagi deh mata ngantuk atau loyo gara-gara harus bangun sahur di pagi-pagi buta. Apa aja, sih?

Kerjain Tugas Sore-Sore atau Langsung Setelah Tarawih

Meski ngerjain tugasnya sambil goleran

 Meski ngerjain tugasnya sambil goleran via http://impoqrik.am/

Yang namanya bulan puasa itu, aktivitasnya pasti bertambah banyak. Mulai dari bangun sahur, tarawih, tadarus, sampai nyiapin makanan buka dan sahur buat kamu yang hidup sendiri di perantauan. Belum lagi kalau kamu masih harus Kalau nggak pintar nge-manage waktu, jadwalmu pasti bakal berantakan banget, deh. Makanya, siasatin dengan nggak nunda-nunda kerjaan dan langsung mengerjakan tugas apapun yang kamu punya di waktu-waktu lengang. Sebelum kamu ngantuk abis terawih dan kekenyangan makanan buka, lho.

Nggak Begadang

Latihan tidur cepet biar seger

 Latihan tidur cepet biar bangunnya seger via https://www.youth.sg

Waktu puasa, jam tidurmu bakal berkurang dari biasanya. Tidur malammu mungkin akan lebih larut karena harus mengikuti shalat Tarawih, apalagi kalau kamu juga rajin bertadarus bareng-bareng.  Lalu pada jam 3 pagi, kamu harus bangun buat sahur hingga shalat Subuh. Nggak heran kalau waktu sekolah, kamu jadi lebih sering merasa ngantuk. Makanya, tidur lebih cepat bagus banget buat kamu di bulan puasa ini. Kurang-kurangin dulu deh ngopi sampai malem sama temen, atau nongkrongin TV show malam hari. Get enough sleep to keep you fresh all the day thorugh!

Take a Power Nap

Power nap buat recharge energi

 Power nap buat recharge energi via http://www.howtoplaza.com/

Kuliah kamu ada yang kosong di siang hari? Manfaatin dengan mengambil power nap sebentar. Kalau perlu, pulang aja dulu ke kosan buat recharge energi. Tapi, jangan lupa sholat juga, yaa.

Belanja Stok Makanan Secara Strategis

Sahur oatmeal biar kenyangnya lama

 Sahur oatmeal biar kenyangnya lama via http://cassandrebeccai.com/

Sewaktu puasa, kamu bakal membutuhkan banyak serat dan karbohidrat. Stok persediaan oatmeal, roti, dan buah-buahan seperti apel, pisang, dan kurma dapat bisa pilihan waktu nggak sempat nanak nasi, apalagi buat kamu yang udah nggak lagi dimasakin sama Mama di rumah. Jangan cuma mi instan saja, ya, biar kamu nggak ngeblank waktu dengerin presentasi dosen siang-siang. Lengkapi dengan susu atau minuman ber-ion disamping ar putih biar kamu nggak gampang dehidrasi sewaktu beraktivitas. Alasan lain, kamu jadi punya persediaan makanan darurat, soalnya kadang banyak penjaja yang males jualan waktu sahur. Jangan lupa cek persediaan air juga, ya. Nggak lucu juga kalau waktu sahur kamu nggak bisa minum gara-gara air di galon abis.

Setok Makanan Dari Rumah

Alhamdulilah bisa buka rendang

 Alhamdulilah bisa buka rendang via https://dentistvschef.files.wordpress.com

Kalau kamu beruntung bisa pulang ke rumah sebelum puasa, manfaatin waktu tersebut buat nyetok perbekalan masakan Ibunda sebanyak yang kamu bisa. Apalagi, kalau ada fasilitas kulkas di kos kamu. Sikat abis!

Siapin Anggaran Lebih

Banyak pengeluaran nggak terduga, hiks

 Banyak pengeluaran nggak terduga, hiks via https://timedotcom.files.wordpress.com/

Uhuk, duniawi sekali, ya. Tapi mau nggak mau, kenaikan harga yang udah jadi berita klasik banget menjelang Ramadhan bakal berpengaruh sama kehidupan mahasiswa kamu (apalagi yang ngekos di perantauan). Selain harga warteg yang kadang ikutan naik, kamu juga bakal dikagetkan sama pengeluaran-pengeluaran nggak terduga, seperti lapar mata beli jajan takjil sampai buber dimana-mana. Yah, kalau nggak ada anggaran lebih sih ya mau nggak mau ngehemat, sih.

Kalau kamu, persiapan apa aja yang kamu lakukan menyambut datangnya bulan Ramadhan ini? Share di kolom comment, ya!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment