7 ALASAN KENAPA MEMILIH KULIAH DI MALAYSIA



city-1283140_1920.jpg
Photo by pixabay.com

Minggu ini, tim dari MSW Global dan World Education Expos akan menyambangi Kuala Lumpur, Malaysia bersama dengan kepala sekolah dan guru BK beberapa SMA di Indonesia. Kunjungan ke Universitas ini nantinya akan memberi kemudahan bagi para guru untuk menggambarkan keadaan lingkungan pendidikan di Malaysia kepada murid-murid yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di sana.

 

Ada banyak alasan kenapa Malaysia wajib menjadi salah satu destinasi belajar kamu, mates. Jika kamu ingin merasakan kuliah di luar negeri dengan suasana yang berbeda dan dikelilingi pelajar dari mancanegara, tak perlu jauh-jauh. Malaysia adalah salah satu jawabannya.

 

Masih ragu untuk menetapkan mau kuliah di mana? Yuk, simak penjelasan dibawah ini. Siapa tahu bisa membantu kamu mematangkan keputusan.

 

1. Dekat dengan Indonesia

Masih berada dekat dengan negara Indonesia, tentu akan lebih mudah untuk kamu jika ingin mudik di hari libur. Musim, cuaca dan suhu yang sama akan membuat kamu lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru juga. Meski masih serumpun dengan Indonesia, kamu pasti akan menemukan hal baru di Malaysia. Kamu juga bisa mempelajari budaya mereka dan jangan lupa untuk berteman akrab dengan penduduk lokal.

 

2. Biaya Hidup Murah

Kalau dibandingkan dengan biaya hidup di negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris dan negara Eropa lainnya, tentu biaya hidup selama menetap di Malaysia akan jauh lebih murah hitungannya. Kamu bisa menghemat biaya yang keluar untuk uang kuliah juga karena dengan kualitas pendidikan yang sama, kamu bisa mendapatkan fasilitas lengkap di kampus dengan harga yang relative lebih murah dibandingkan biaya kuliah di negara lain.

 

3. Tidak Terhalang Perbedaan Bahasa

Salah satu keuntungan kuliah di Malaysia adalah kamu dapat berkomunikasi dengan leluasa kepada orang-orang di sana karena umumnya mereka menggunakan bahasa melayu yang masih mirip dengan bahasa Indonesia. Masyarakat Malaysia juga terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari sehingga kamu dapat menggunakan bahasa ini untuk berinteraksi dengan orang di sana.

 

4. Negara Multicultural

Masyarakat Malaysia terkenal dengan keberagaman suku dan etnis yang tinggal di dalamnya. Negara yang sudah terbiasa dengan perbedaan budaya tentu akan lebih baik dalam menerima orang baru yang datang ke wilayahnyaa. Selama kamu berperilaku baik dan sopan, tidak akan ada masalah yang kamu temui dengan sikap warga di sana nantinya.

 

5. Pendidikan dengan Mutu yang Berkualitas

Di Malaysia ada banyak universitas yang kualitas pendidikannya termasuk tinggi. Tak kalah dengan mutu pendidikan universitas terkenal lainnya. Dan peningkatan mutu pendidikan dan perkembangan universitas-universitas di sana tengah diupayakan dan kemajuannya sangat terlihat. Ada begitu banyak pelajar internasional yang memilih Malaysia sebagai negara tujuan untuk belajar dan UNESCO pernah mendapuk negara ini sebagai ‘Top Countries for International Students 2015’ dan mendapat peringkat ke 9.

 

6. Lebih Mudah Mengurus Imigrasi

Untuk dapat kuliah di Malaysia, syarat imigrasi yang harus diurus tidak dipersulit oleh negara. Berbeda dengan negara-negara lain yang membuat syarat yang sangat banyak dan ketat bagi pelajar internasional, Malaysia justru memberi kemudahan bagi pelajar dalam urusan imigrasi. Nggak percaya kalau prosesnya sangat mudah? Coba deh, kamu cek sendiri bagaimana cara mendaftar untuk kuliah di Malaysia berikut ini.

 

7. Surga Kuliner dan Wisata

Selain sebagai destinasi belajar, kamu juga bisa explore lebih dalam lagi tentang tempat wisata dan kuliner yang ada di negara ini. Makanan yang disajikan akan sangat beragam karena hampir semua etnis ada di negara ini. Mulai dari Chinese food, Indian Food sampai makanan khas suku yang tinggal di sana, bisa kamu nikmati semuanya. Kamu juga bisa menentukan akan berwisata ke kota atau daerah mana setelah ada di sana nanti.

 

Tertarik untuk kuliah di Malaysia? Jangan lupa ikuti tim kita yang akan kunjungan ke universitas-universitas di Kuala Lumpur, Malaysia dari tanggal 14 – 16 November 2018 lewat akun Instagram kita di @worldeducationexpos .

Leave a Comment

  0 Comment

Comment