7 KEUNTUNGAN MASUK ORGANISASI DI BANGKU PERKULIAHAN



Disscusing-problem.jpg
Photo by pixabay.com

Ingin masuk organisasi saat kuliah, tapi masih belum tahu manfaatnya apa? Berikut ini kita akan bahas keuntungan yang bisa kamu peroleh saat menjadi anggota organisasi di bangku perkuliahan.

 

Anggapan kalau masuk organisasi hanya akan buang-buang waktu dan mengganggu proses perkuliahan kerap terdengar sampai telinga kamu pastinya. Eits… jangan hanya dengar dari satu sisi saja. Kamu perlu cross check lagi nih mates, soal kebenarannya. Benar nggak sih, kalau orang sibuk berorganisasi, kuliahnya jadi terbengkalai?

 

Hal tersebut hanya terjadi pada mahasiswa yang kurang pandai mengatur waktu dan tidak paham mana yang harus jadi prioritas. Kalau kamu pintar membagi waktu, tentu perkuliahan dan organisasi yang kamu ikuti akan bisa sejalan. Mau tahu keuntungan apa saja yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti organisasi di kampus? Cek daftar keuntungannya berikut ini.

 

1. Menambah pengalaman

Buat kamu yang senang mencari pengalaman baru saat terjun ke dalam dunia baru, masuk organisasi saat kuliah adalah salah satu daftar wajib yang harus kamu lakukan. Tapi jangan ikutan kalau hanya ingin coba-coba ya. Menambah pengalaman dalam organisasi itu bukan hal yang gampang dan bisa dalam sebulan dua bulan. Terlebih organisasi di kampus itu biasanya memiliki agenda tahunan dan butuh keseriusan bagi para anggota untuk mengerjakannya.

 

2. Memperluas jaringan pertemanan

Bagi kamu yang senang memperoleh teman baru, masuk organisasi juga bisa jadi salah satu cara untuk memperluas jaringan pertemanan kamu. Di dalam berorganisasi, kamu akan menemukan orang-orang dari daerah dan jurusan yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat berguna nanti ke depannya saat kamu berkunjung ke daerah tertentu atau perlu bantuan dari orang yang ahli dalam bidangnya. Tinggal hubungi orang yang kamu kenal lewat organisasi, maka kamu akan segera mendapat bantuan.

 

3. Belajar mengatur waktu

Bukan hanya ilmu tentang organisasi saja yang akan kamu peroleh, tapi kamu juga secara tidak langsung akan memperoleh pengetahuan tentang bagaimana mengatur waktu saat berada di dalam organisasi. Kamu akan paham mana yang harus diprioritaskan sehingga bisa mengatur jadwal baik perkuliahan maupun kegiatan di luar. Bahkan kalau kamu mampu menyerap ilmu-ilmu lainnya, kamu juga bisa belajar mengatur keuangan loh.

 

4. Terlatih untuk bekerja dalam tim

Mampu bekerja sama dalam sebuah tim akan mempermudah kamu saat terjun ke dunia yang sebenarnya nanti, yaitu dunia kerja. Terbiasa berinteraksi dan melakukan kegiatan dengan banyak orang akan membantu kamu mempelajari karakter orang lain dan mampu beradaptasi serta bersikap sebagai mana mestinya. Tentu hal ini akan kamu temui saat bekerja nanti. Jadi tidak akan terlalu sulit lagi untukmu saat harus bekerja dalam kelompok dan harus menyatukan berbagai pemikiran.

 

5. Terlatih untuk berkomunikasi dengan banyak orang

Bertemu orang berbeda setiap hari dan dituntut untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, akan mendorongmu dengan sendirinya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Hal ini juga akan berguna saat kamu sudah keluar dari bangku perkuliahan. Kamu tidak akan gugup saat bertemu orang baru dan akan mampu berkomunikasi dengan mereka tanpa mengalami hambatan yang berarti. HRD perusahaan akan bisa menilai kemampuan komunikasi kamu saat sedang diwawancara nanti.

 

6. Dikenal oleh orang-orang di sekitar

Masuk organisasi tentunya akan membuat kamu lebih sering muncul di acara-acara kampus. Berurusan dengan dosen-dosen, petinggi kampus atau juga dengan anggota organisasi lainnya. Hal ini bisa membuat kamu lebih mudah dikenali orang di sekitar kamu. Dikenal dosen karena hal positif bisa merupakan nilai plus untukmu saat kuliah loh, mates.

 

7. Menambah nilai CV saat akan melamar pekerjaan

Manfaat paling penting dari pengalaman organisasi ini adalah kamu bisa memasukkannya ke dalam CV saat akan melamar pekerjaan. Tentunya pengalaman organisasi ini akan menjadi nilai tambah bagi CV kamu karena HRD akan bisa menilai bahwa kamu orang yang aktif di lingkungan, mampu bekerja sama dengan tim dan juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. HRD akan tertarik untuk menanyai kamu lebih lagi tentang perkuliahan atau bahkan kegiatan kamu sehari-hari. Dan semoga saja nantinya kamu yang terpilih karena cocok dengan kriteria yang dicari.

 

Hal yang perlu kamu ingat nih, mates. Jangan masuk organisasi hanya karena ingin ikut teman ya. Tapi carilah organisasi atau kelompok yang sesuai dengan minat kamu. Karena kamu akan lebih senang saat mengerjakan hal yang kamu sukai.

 

Jangan lupa cari tahu lebih dulu tentang organisasi yang akan kamu masuki ya, mates. Riset itu perlu loh, sebelum kamu terjun ke dalam suatu kegiatan. Supaya nantinya kamu betah dan menjalaninya dengan hati yang gembira.

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment