Mau Belajar di Luar Negeri? Tengok Dulu Kota Pelajar Terbaik di Dunia Ini!



gossip_girl.jpg
Photo by https://i1.wp.com

Kalau Indonesia punya Jogja, Medan, dan Malang sebagai kota pelajar, dunia juga punya kota-kota terbaik yang jadi jujugan para pelajar dari seluruh belahan bumi. Kota-kota ini, selain memiliki universitas dengan peringkat terbaik di kelasnya, juga menjadi kota yang paling ‘ramah’ dengan kehidupan pelajar hingga mahasiswa. Dari hasil survey  QS World University Ranking, 5 kota berikut menjadi tempat terbaik buat menimba ilmu berdasarkan ranking universitas, tingkat campuran siswa, kualitas hidup, tingkat aktivitas perekrutan pasca kelulusan, dan tingkat keterjangkauan biaya hidup.

 

1. Paris

Paris, pendidikan termaju dengan biaya rendah via http://thepienews.com

Meskipun terkenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termahal, Paris yang memiliki 17 universitas unggulan kelas dunia ini ternyata menawarkan biaya kuliah yang termasuk rendah dibandingkan kota-kota lainnya. Apalagi, kamu juga akan mendapatkan kehidupan yang sangat berkualitas, aktivitas akademik yang tinggi, dan bursa tenaga kerja yang kuat. Artinya, lulusan-lulusan universitas di Paris bakal dipandang sebagai high demand graduates dimata perusahaan serta organisasi lokal dan dunia. Sepadan banget, deh!

Di Paris, kamu bisa memilih salah satu dari banyak best ranking universities, seperti École Normale Superieure (ENS Paris), École Polytechnique (ParisTech), The Université Pierre et Marie Curie (UPMC), atau Université Paris-Sorbonne.

 

2. Melbourne

Warna-warni di Melbourne via https://business.monash.edu

Negara tetangga kita ini emang jadi salah satu favorit teman-teman kita buat belajar nih, Mates. Diantara beberapa kota pelajar di Australia, Melbourne menduduki peringkat kedua sebagai kota pelajar terbaik di dunia dengan 7 universitas terbaik di dunia, bersaing dengan Sydney. University of Melbourne menjadi universitas nomor satu di seluruh penjuru Australia dan merupakan universitas ke-42 terbaik di dunia. Selain itu, Melbourne menjadi kota terbaik buat belajar karena tingkat akulturasi budayanya yang sangat tinggi dan kualitas hidup yang bagus. Such an interesting melting pot, indeed.

3. Sydney

Penat? Jalan-jalan aja ke dekat pelabuhan. Keren abis! via http://brjunetka.ru/

Meskipun ‘dikalahkan’ oleh Melbourne, Sydney tetap menjadi salah satu kota pelajar terbaik karena kombinasi kualitas pendidikan dan gaya hidup yang membuat Sydney menjadi tujuan para pelajar dari negara-negara tetangganya. Yup, selain menjadi rumah 5 universitas terbaik di Australia, diantaranya University of Sydney yang menduduki peringkat ke-45 di dunia dan diikuti oleh University of South Wales, yang berada persis dibawahnya, Sydney juga memberikan pemandangan pesisir yang luar biasa. Penatnya tekanan belajarmu pasti akan langsung hilang begitu melihat panorama pelabuhannya yang terkenal, memandangi indahnya Opera House, atau jalan-jalan di taman terbuka yang banyak banget di sekitar kota.

4. London

Sekolah di salah satu kampus tertua di Inggris via http://www.foreignstudents.com/

Dengan adanya 18 universitas terbaik dunia yang bermukim di ibukota Inggris Raya ini, London menjadi kota keempat terbaik buat menimba ilmu. Kota ini juga sangat populer diantara para calon mahasiswa, dengan adanya University College London (UCL), yang mashyur banget dan menjadi universitas nomor 7 terbaik dunia, Imperial College London, atau King’s College London yang menduduki peringkat ke 19. Selain itu, London menawarkan fasilitas pendidikan yang terdepan, pusat kebudayaan tersibuk, dan keragaman internasional yang pasti membuat pengalamanmu non akademismu juga makin kaya.

 

5. Singapore

Sekalian jalan-jalan ke Sommerset dan Merlion Park via http://travelhdwallpapers.com/

Jika tidak ingin jauh-jauh, negara tetangga kita, Singapore, juga memberikan kualitas pendidikan yang diakui di mata dunia lho, Mates. Reputasi Singapore sebagai kota pelajar terbaik tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir, meskipun dia hanya memiliki 2 universitas berperingkat dunia. Ternyata, yang membuat Singapore begitu diakui adalah tingkat keragaman populasi penduduk internasionalnya, yang hampir mencapai 42%, aktivitas perekrutan, dimana para perekrut dari seluruh dunia mengincar lulusan-lulusan universitasnya, dan kualitas hidup yang layak banget buat mahasiswa.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment