Buat kamu yang belum tau, ini bedanya college dengan university



Caerleon-Lawn-21.jpg
Photo by hopespeak.com

Bagi sebagian orang mungkin ada yang bertanya-tanya apa bedanya College dengan University, apalagi bagi kamu yang ingin melanjutkan Study di luar negeri.

Di Amerika, College atau University sama-sama merupakan sekolah lanjutan dari SMA atau High School. Rata-rata murid baru University atau College berusia antara 17-18 tahun ke atas, biasanya College akan ditempuh selama 2 tahun dan University akan di tempuh selama 4 tahun. College akan mendapatkan sebuah sertifikat dan University akan mendapatkan ijazah kelulusan sarjana yang telah ditempuh selama masa Study.

Kedua sertifikat dan ijazah ini disebut sarjana muda atau Ungraduated, College akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk melanjutkan jenjang Strata 1 dan University akan mendapat ijazah kelulusan yang dapat dilanjutnya ke program Master. Program tersebut yaitu graduate atau postgraduate degree. Program ini ditempuh setelah menyelesaikan kuliah undergraduate yang empat tahun tadi. Graduate degree contohnya master (M.A) dan doktorat (Ph.D).

Sebenarnya College dan University sama saja, yang membedakan adalah kurikulum dan ijazah yang dikeluarkan, College biasanya merupakan kampus mandiri yang terpisah dengan University, banyak juga College yang merupakan program University dan kampusnya masih dalam satu kawasan.  Oh ya, beberapa College juga menawarkan program Graduate pada mata kuliah tertentu, tapi kebanyakan university yang memiliki program Graduate, nah di Amerika atau beberapa negara jika sudah menempuh program jenjang Strata 1 Post Graduated, maka akan disebut lulusan University.

Masih Bingung?

Agar kamu gak bingung, jika di Indonesia biasanya College akan setaraf dengan Akademia atau program Diploma yang ijazah lulusannya adalah D3, jadi jika kamu mengambil program yang lebih cepat dengan masa kuliah 2 tahun maka kamu bisa mengambil College, sedangkan jika kamu ingin kuliah dengan jenjang sarjana strata 1, kamu bisa berkuliah di Univesity dan dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya seperti Master.

Gimana, sudah menentukan pilihan kamu, College atau University, atau punya pengalaman juga? komen dibawah ya!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment