Pilih Pilih Sekolah Internasional, Sudah Tahu Beda Kurikulumnya? – Part 2



889.jpg
Photo by http://www.almunecarinternationalschool.

Kalau kemarin kita udah bahas tentang kurikulum International Baccalaureate, kini giliran kita bahas kurikulum Cambridge nih, Mates. Satu decade belakangan ini, kurikulum Cambridge emang udah banyak dipakai oleh sekolah-sekolah yang menggunakan standar Internasional. Makanya, nggak heran kalau kurikulum Cambridge udah familiar banget di telinga kita. Tapi, kamu udah benar-benar tau belum nih Mates, apa itu kurikulum Cambridge sebenarnya?

Cambridge International Examination

Seperti halnya IB, kurikulum Cambridge yang sebenarnya ‘bernama lengkap’ Cambridge International Examination (CIE) ini sebenarnya merupakan bagian dari sebuah organisasi. Kurikulum Cambride berdiri sebagai bagian dari jaringan penyelenggara sistem kurikulum Cambridge Assesment Group yang dipayungi oleh Cambridge University, Inggris. Kurikulum Cambridge ini merupakan salah satu kurikulum tertua di dunia, lho! Yup, dengan umur yang sudah mencapai lebih dari 150 tahun, nggak heran kalau kurikulum klasik ini jadi jujugan kalangan akademis buat menyelenggarakan pendidikan.

Tapi, sekolah yang menerapkan kurikulum Cambridge nggak harus mengimplementasikan kurikulumnya di seluruh mata pelajaran. Ia bisa memakai CIE di mata pelajaran tertentu, misalnya Bahasa Inggris dan Matematika saja. Di CIE, kamu bakal diajak untuk menjadi seorang “reflective learner”, yang artinya belajar bagaimana cara belajar dan bagaimana membentuk dirimu menjadi seorang pembelajar sejati. Kurikulum ini juga sangat berorientasi kepada pencapaian akademis, yang artinya kesuksesanmu bakal diukur dari sejauh mana kamu memahami teori.

Kurikulum Cambridge lebih ringan dari kurikulum nasional dengan jumlah mata pelajaran yang lebih sedikit. Kurikulum ini lebih banyak bermain di Science, English, and Mathematic dan memberikan fleksibilitas sehingga siswa bisa memilih pelajaran sesuai kemampuan dan minat yang mereka miliki. Jadi, kamu lebih bebas buat mengeksplorasi kemampuan dan minat kamu, Mates. Sifat fleksibel yang dimiliki oleh kurikulum ini serta banyaknya opsi subyek tambahan yang bisa kamu pilih juga membuatnya cocok untuk homeschooling.

Pembelajaran dalam kurikulum Cambridge ini lebih bersifat kontekstual dan mendalam jika dibandingkan dengan kurikulum nasional. Karena, jika di kurikulum nasional kamu ‘hanya’ dituntut buat menghafalkan, di kurikulum Cambridge kamu bakal dituntut untuk memahami suatu subyek secara menyeluruh.

Kurikulum Cambridge mempunyai 4 jenjang pendidikan. Di tingkat pertama ada Cambridge International Primary Program (CIPP) mulai dari usia 5-11 tahun, lalu Lower Secondary Program (LSP) mulai dari usia 11-14 tahun, dimana kamu akan meneruskan pelajaran bahasa Inggris, matematika, dan sains yang telah dimulai dari jenjang CIPP ditambah dengan persiapan IGCSE atau O Level. DI tahap ketiga ada Middle Secondary yang dimulai dari umur  14-16 tahundimana kamu akan belajar untuk ujian International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) atau O level, yang bakal kamu perlukan untuk menempuh pendidikan selanjutnya. Kalau kamu ingin melanjutkan ke tahap terakhir, ada Upper Secondary untuk umur 16-18 tahun, dimana kamu akan belajar kualifikasi Internasional A level selama sekitar 2 tahun untuk melanjutkan pendidikan ke universitas di seluruh dunia.

Lalu, pilih IB atau Cambridge? Well, semua ada plus minusnya sendiri sih, Mates. Tunggu kita di postingan selanjutnya, ya!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment