Tips Mudik Lebaran Buat Mahasiswa di Perantauan



travelling-alone-1120x600EDIT.jpg
Photo by http://blog.thrillophilia.com/wp-content

Lebaran udah deket! Kampus-kampus pasti udah pada mulai libur, nih. Kamu sendiri udah libur, belum? Udah kangen sahur dan buka puasa di rumah? Biasanya nih, liburan lebaran gini jadi saat yang tepat bagi mahasiswa perantauan buat pulang ke kampung halaman dan ngabisin waktu sama keluarga. Asyik banget, kan? Ups, jangan buru-buru pergi! Perhatiin dulu tips mudik khusus mahasiwa di perantauan berikut, ya!

Beresin Urusan Kampus dan Tugas-Tugas Dari Dosen

Kelarin semua tugas dari kampus biar liburan lebaran legaa via http://66.media.tumblr.com/

Tahu sendiri kan, kalau tanggal lebaran itu selalu bergerak maju, nggak tetap di setiap tahunnya. Ada kalanya liburan puasa dan lebaran jatuh bersamaan dengan liburan semester tahun ajaran baru, dan ada kalanya liburan tersebut jatuh sebelum atau sesudah semesteran. Seneng dong kamu, liburannya makin banyak? Tapi siap-siap, soalnya bakal banyak dosen yang ngasih tugas buat dikumpulin pasca lebaran. Makanya, cicil dan kerjain semua tugas yang ada biar kamu nggak ada tanggungan pas liburan, Mates. Selesaikan juga semua tugas organisasi kampus yang masih numpuk ya, biar nggak diteror-teror waktu lagi nyantai di kampung halaman.

Catet Barang Apa Saja yang Mau Kamu Bawa

Gak usah bawa barang banyak-banyak via http://intelligenttravel.nationalgeographic.com/

Apa aja sih yang kamu perlukan selama di rumah? Pilah baju dan keperluan sehari-hari yang bakal kamu bawa, jangan sampai ada yang ketinggalan. Nggak usah bawa baju terlalu banyak, Mates, toh masih ada bajumu di rumah, kan? Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi, seperti obat maag, pusing, mual, atau minyak kayu putih yang mungkin bakal kamu butuhin di jalan. Oiya, jangan kebanyakan bawa oleh-oleh deh, Mates. Iyasih, pulang kampung emang terasa exciting, apalagi buat kamu yang pertama kalinya ngalamin mudik. Tapi inget, semakin banyak bawaanmu, semakin rempong juga lho nantinya.

Siapin Sarana Transportasi/ Kendaraan Mudik

Pinginnya sih pakai Pintu Kemana Saja deh. Tinggal pasang di kamar kos, beres. via http://l2.yimg.com/bt/api/res/1.2/

Udah tau mau mudik naik apa? Buat kamu yang pulang naik kendaraan umum, pastikan kamu udah pesen tiketnya dari jauh-jauh hari, ya. Terutama buat kamu yang naik pesawat atau kereta nih, yang tiketnya seringkali sudah habis terjual beberapa bulan sebelum hari H. Perhatikan juga keamanan barang-barangmu, terutama kalau kamu pulang dengan bus yang sering disesaki oleh penumpang. Kalau kamu memilih pulang menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraanmu udah diservis dan siap buat berangkat ya, Mates. Kamu pasti nggak mau terkena mogok di tengah jalan, kan? Pastikan juga kamu udah menyiapkan rute tercepat dan minim macet (karena bebas macet saat libur lebaran itu adalah keajaiban).

Pantau Media Sosial dan Berita Terkini

Mudik gratis! via http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/08/14/

Bonus nih, Mates. Kadang, sewaktu deket-deket lebaran, biasanya ada kampus-kampus, lembaga swadaya, atau lembaga pemerintah yang ngadain mudik bareng gratis atau murah buat mahasiswa dan masyarakat umum. Lumayan banget nih, Mates, soalnya kamu bisa berhemat hingga sekian ratus ribu kalau ikutan program ini. Beritanya biasanya disebarin melalui portal berita dan media sosial, jadi rajin-rajinlah ngikutin berita terkini ya, Mates.

Perhatikan Keamanan Kamar Kos

Kamar kos, aman! via http://www.proguardstorage.com/blog/assets/Dorm-Room.jpg

Nah, ini dia yang paling penting, Mates. Jangan sampai kamu udah seneng-seneng di kampung halaman, eh balik-balik ngenes karena barangmu raib semua. Duh, jangan sampai, deh! Makanya itu, sebelum kamu berangkat, kunci semua jendela, lemari, dan laci. Kalau perlu, masukkan semua barang elektronik ke dalam lemari kamu, matikan Ac, dan putuskan semua sambungan listrik. Terus, rapihin kamar, biar waktu balik nanti kamu bisa istirahat tanpa harus capek bersih-bersih kamar lagi. Terakhir, jangan lupa kunci pintu, ya!

Siapin Temen Mudik

Udah ada yang bisa dibawa ketemu orang rumah. Asik. via http://1.cdn.eprofits.com/

Perjalanan pulang bakal lebih seru kalau ada temennya! Biasanya komunitas anak-anak yang berasal dari satu kampung halaman di kampus demen bikin acara mudik bareng tuh, Mates. Siapa tahu ada yang bisa ditebengin, dan kamu tinggal patungan bensin aja, atau ada yang bisa diajak hunting tiket bareng. Lumayan kan, nggak garing sendirian waktu mudik? Atau, udah ada seseorang yang mau diajak pulang bareng buat dikenalin sama orangtua tahun ini? Uhuk.

 

Sekarang, kamu udah siap mudik, Mates. Punya persiapan lain yang berguna? Bagikan di kolom comment, ya!

Leave a Comment

  0 Comment