Hati-Hati Dengan Media Sosial! 3 Remaja Ini Bunuh Diri Setelah Diejek Di Medsos



o-KIDS-SOCIAL-MEDIA-BULLYING-facebook.jpg
Photo by http://i.huffpost.com/gen/1359359/images

Bermain dengan Media Sosial itu memang asik banget. Apalagi dengan Media Sosial kita bisa berkenalan dengan orang-orang dari seluruh dunia dan bisa membagi semua kegiatan kita. Gak heran kalo kaum remaja betah banget menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk meng-explore timeline instragram-nya. Coba aja kamu cek aplikasi yang ada di handphone para ABG, pasti didominasi sama aplikasi Media Sosial. Sebut saja, Instagram, Snapchat, Ask.fm, Twitter, dan lain-lain. Tapi sebagai pengguna, kita juga harus smart dalam menggunakannya. Manfaatkan medsos dengan baik, misalnya untuk jualan, kan lumayan bisa dapat uang tambahan. Atau gunakan untuk mencari teman, siapa tau ada yang nyangkut, nyangkut buat jadi sahabat maksudnya.

Kesalahan dalam menggunakan medsos itu bisa berakibat fatal loh. Beberapa remaja ini bunuh diri setelah diejek dan dicaci di media sosial. Waduh, mangkanya Mates, kalo kita sebel sama orang cukup ditegur saja tapi gak perlu diejek-ejek kan? Apalagi di Media Sosial, dimana semua orang bisa melihat. Mereka-mereka yang memutuskan untuk bunuh diri ini jangan ditiru yah, cukup dijadikan contoh saja kalo Media Sosial itu ibaratkan pisau yang tajam. Jika tidak benar menggunakannya, dapat menusuk diri kita sendiri atau menusuk orang lain.

Hannah Smith

http://i2.mirror.co.uk/incoming/article2128705.ece/ALTERNATES/s338b/Hannah-Smith-14-committed-suicide-after-being-bullied-on-the-internet.jpg

Hannah smith adalah perempuan berusia 14 tahun. Dia bunuh diri pada bulan Agustus 2013 lalu diusianya yang masih sangat muda. Hannah ditemukan gantung diri di rumahnya. Menurut penyelusuran Polisi, Hannah melakukan aksi ini dikarenakan ia sering dicaci maki disitus Media Sosial Ask.fm. Hannah sering diejek dan diminta untuk bunuh diri oleh akun yang tidak diketahui identitasnya. Terror di Ask.fm milik Hannah dimulai pada bulan April 2013. Konon, pelaku bully di Ask.fm tersebut berasal dari IP yang sama, atau berasal dari orang yang sama. Namun, siapapun itu pelakunya, hal ini bukanlah perilaku yang wajar. Sungguh disayangkan.

Ciara Pursgley

http://i1.irishmirror.ie/incoming/article3177693.ece/ALTERNATES/s615/Pugsley.jpg

Dibalik keceriaannya, ternyata Ciara memendam luka yang mendalam di dalam hatinya, setelah orang-orang diakun Ask.fm-nya ternyata tidak menyukainya. Ciara terkenal sebagai remaja yang periang, sehingga orang tua Ciara kaget setengah mati mengetahui putrinya bunuh diri setelah pulang sekolah. Setelah dicari tahu penyebabnya, ternyata Ciara mengakhiri hidup dikarenakan depresi akibat ejekan yang dia dapat di Media Sosialnya. Diakun Ask.fm-nya Ciara diejek gendut, jelek, menjijikan, dan bahasa kasar lainnya.

Rebecca Sedwick

http://i.huffpost.com/gadgets/slideshows/321812/slide_321812_3025533_free.jpg

Cerita menyeramkan datang dari Crystal Lake Middle School. Sekolah tersebut adalah tempat dimana Rebecca menjadi bulan-bulanan orang yang tidak bertanggung jawab. Selama kurang lebih dua tahun, Rebecca sering mendapatkan ejekan di Media Sosialnya. Ejekan yang Rebecca dapatkan berasal dari sekumpulan siswa yang katanya tidak menyukai Rebecca. Rebecca sering bercerita kepada ibunya tentang terror yang dia dapatkan. Hingga akhirnya, Rebecca memutuskan pindah ke Lawton Chiles Middle Academy. Mengerikannya, walaupun sudah pindah sekolah Rebecca tetap menadpatkan terror dari teman-teman lamanya melalui Facebook, Instagram, dan Ask.Fm. beban mental yang dirasakan Rebecca pun semakin mendalam, hingga akhirnya pada 9 September 2013 Rebecca memutuskan bunuh diri dengan meloncat dari sebuah gedung tinggi.

 

Leave a Comment

  0 Comment