Mengenal jurusan Biologi Kelautan, seperti apa?



Wisata-Bawah-Laut-Indonesia.jpg
Photo by indonesiaexplorer.net

Biologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya, tentunya semenjak SMA beberapa pelajaran yang memang cakupannya adalah natural sains sudah kita pelajari, seperti Kimia, Fisika dan juga Biologi.

Di-zaman sekarang ini, biologi berkembang sangat pesat dan keberadaannya mutlak diperlukan dalam perkembangan teknologi sejak berbagai penemuan seperti genetika, bioteknologi, mikrobiologi, dan obat-obatan herbal. Seiring perkembangan zaman dan teknologi beberapa kampus di universitas membuka jurusan Biologi, bahkan ada yang mengkhususkan membuka jurusan Biologi Kelautan yang dimana pelajarannya adalah membahas semua tentang makhluk hidup, dan kegiatan alam di perairan terutama kelautan.

Seperti apa sih jurusan tersebut?

Apa yang dipelajari ?

Ya, dijurusan Biologi Kelautan sudah pasti kamu akan belajar yang namanya Oceanography walaupun Oceanography bukan merupakan cabang dari keilmuan Biologi dan merupakan cabang keilmuan Geologi. Oceanography akan mempelajari tentang ilmu kelautan, ekologi laut, hingga kehidupan biota laut. Dan dalam prakteknya ada kegiatan menyelan serta penelitian mengenai kelautan.

Ketahanan fisik dan kemauan merupakan modal utama!

Faktanya adalah jurusan Biologi Kelautan merupakan jurusan yang akan banyak memakan waktu untuk penelitian, tidak hanya di dalam ruangan penelitian pun akan dilakukan diluar ruangan seperti laut. Oleh karena itu harus memiliki ketahanan fisik dan stamina yang kuat. Memiliki rasa senang dengan ilmu biologi, fisika dan geologi serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pada prakteknya akan banyak kegiatan seperti menyelam, meneliti biota laut, membuat peralatan seperti alat pendekteksi tsunami. Dengan segudang kegiatan tersebut maka jurusan ini menjadi jurusan yang cukup menantang kan?

Prospek Kerja

Setelah lulus prospek pekerjaan dibidang Biologi Kelautan cukup menjanjikan, seperti bekerja di departemen kelautan, pelayaran, dan juga menjadi peneliti. Di bidang pendidikan lulusan ini bisa menjadi pengajar professional sebagai dosen. Bahkan jika ingin beriwausaha lulusan Biologi kelautan bisa mendirikan konservasi bisnis dll, karena jurusan ini juga belajar mengenai ekonomi dan management.

Tertarik mengambil jurusan ini?

 

Leave a Comment

  0 Comment