Liburan Semester Jangan Leha-Leha Aja, 10 Kegiatan Ini Bisa Bikin Kamu Tetep Produktif



7824d54b282da8182f98a65803323706.jpg
Photo by https://id.pinterest.com/pin/AUpQ6jdduHf

Hore, liburan telah tiba! Kamu udah pulang ke kampung halaman, Mates? Musim liburan kayak gini, emang paling enak buat mengalihkan pikiran dari tugas-tugas kampus/ sekolah kemarin. Apalagi, lebaran kali ini bebarengan sama liburan semester, makin panjang deh liburnya. Sedap. Tapi, liburan bukan berarti malas-malasan, dong! Sayang banget deh kalo liburannya terlewatkan gitu aja dengan tidur-tiduran nggak jelas dan marathon nonton film drama. Jadi anak muda harus tetep produktif! Yuk, isi liburanmu dengan kegiatan asik yang udah MyStudyWorld rangkumin buat kamu!

Take a Break

Waktu libur emang waktunya mengistirahatkan pikiran setelah berbulan-bulan otakmu diperas buat kegiatan, tugas-tugas, dan ujian. Yup, kamu berhak kok buat ngabisin beberapa hari pertama liburan dengan berhibernasi, biar energi kamu terkumpul kembali.

Perbaikin Kesehatan Tubuhmu

Ngaku deh, kamu pasti sering skip makan waktu kegiatan sekolah lagi padet-padetnya. Belom lagi, malam-malam yang kamu abisin buat begadang demi mengejar deadline tugas, sampai kepalamu berasap dan kantung mata menebal saking lelahnya. Dengan datangnya liburan, kamu jadi punya waktu buat menormalkan kembali jam tidurmu, beristirahat cukup, makan-makanan sehat yang tersedia di rumah, serta mulai berolahraga. Nggak usah berat-berat, jogging tiap pagi atau exercise ringan di sore hari aja udah cukup, kok. Apalagi, waktu liburan ini juga saatnya anak kos balik ke rumah dan mendapatkan ‘perbaikan gizi’, ya nggak Mates?

Cari Perubahan Suasana

Yuk, keluar rumah dan nikmatin alam! Udara segar dan pemandangan hijau nggak cuma bikin kamu ngerasa rileks, lho. Penelitian menunjukkan bahwa interaksi dengan alam bisa meningkatkan produktivitasmu, karena pikiran yang fresh bakal menarik inspirasi dan energi untuk datang. Kalau rumahmu jauh dari taman kota atau alam terbuka, kamu bisa mengunjungi tempat lain yang beraura positif buat cari inspirasi, kayak coffee shop terdekat.

Find a Cause That You Care About, and Do Something About It

Waktu liburan, kamu bakal punya lebih banyak waktu buat mengamati lingkungan sekitar dan apa yang lagi happening di dekatmu. Kalau kamu peka, kamu bisa lho, menangkap fenomena-fenomena menarik yang bisa dituangkan kedalam sebuah aksi atau tulisan. Kamu bisa memulai sebuah movement di media sosial atau menulis fenomena tersebut dan mengirimkannya ke media buat nambah-nambah uang jajan. So cool!

Belajar Hal Baru dan Kekinian

Di waktu liburan, hari-harimu nggak bakal dipadati dengan kejaran deadline atau materi pelajaran. Waktu luang tersebut bisa kamu isi dengan mempelajari hal-hal baru yang menarik. Nggak harus berhubungan dengan sekolah, kok! Kalau kamu suka sama latte art, cus belajar dari barista. Kalau kamu hobi ulik-ulik skin care, kenapa nggak belajar bikin essential oil yang lagi in banget sekarang? Justru, skill-skill artistic seperti ini bakal bikin kamu makin oke, lho!

Susun Business Plan atau Cari Kerja Part Time

Liburan semester yang super panjang cocok banget buat menekuni sebuah project. Karena sekarang membuka usaha jadi makin mudah, kenapa nggak coba bikin online shopmu sendiri? Buat business plan dengan rapi dan mendetail, serta susun konsepnya sematang mungkin. Bikin online shop yang unik dan sesuai sama passion-mu. Once you’ve hooked up with the ideas, you’ll get totally absorbed! Percaya deh. Cari kerja part time, magang, atau volunteer oke juga lho buat bikin kamu tetep produktif dan dapet uang saku selama liburan.

Kembali ke Pelukan Passion

Seringkali, hobi dan passion harus mengalah sama tugas yang menjadi prioritas. Nah, kala liburan datang, kamu bebas buat kembali ke pelukan hobimu. Kamu suka astronomi? Go stargazing! Suka memasak? Nggak ada yang melarangmu buat bereksperimen di dapur seharian. Menekuni hobi adalah salah satu cara paling tepat buat menghabiskan waktumu, ketimbang menonton ulang serial drama yang udah kamu tonton sebelumnya.

Bersih-Bersih Inbox Email

Meski sepele, tapi liburan ini merupakan kesempatanmu buat bersih-bersih isi email. Karena di hari biasa, kamu pasti udah malas duluan lihat penuhnya inbox emailmu, apalagi kalau isinya cuma newsletter dan promosi.

Belajar BIkin CV

Jadi produktif sekarang bakal terbayar di masa depan. Bikin CV itu butuh meditasi dan inspirasi, apa aja yang harus dipilah dan ditulis di riwayat hidupmu, serta gimana menyusunnya. Apalagi, jaman sekarang udah nggak musim banget bikin CV pakai Word biasa, Mates! Mumpung liburan, kamu punya banyak waktu buat lihat-lihat berbagai CV kece yang bertebaran di internet buat contoh. Percaya deh, dirimu di masa depan bakal berterimakasih banget ke dirimu yang sekarang.

Kasih Self-Reward ke Diri Sendiri

Finally, give yourself a good treat. You deserve it. Hadiah buat diri sendiri ini bisa berupa liburan ke tempat yang kamu nanti-nantikan, spa, shopping, atau sesederhana relaxing bath dan belanja jajanan favoritmu. Lebih baik lagi, rencanakan liburan keluar pulau dan gunakan tanggal liburan tersebut sebagai deadline buat nyelesaikan hal-hal produktif. Yay!

 

Leave a Comment

  0 Comment