ANTI SALAH JURUSAN: INVESTASI PENDIDIKAN UNTUK MASA DEPAN GEMILANG



Offline_(1).png
Photo by MSW Global

Masih bingung untuk menentukan jurusan apa saat melanjut kuliah nanti? Hmmm… Kira-kira kendala kamu di mana nih mates? Coba cek daftar berikut ini deh, siapa tahu bisa mempermudah kamu untuk menetapkan pilihan.

 

1. Cari tahu alasan mengapa kamu ingin dan harus melanjutkan studi

Sama halnya ketika mengambil suatu keputusan besar, kamu juga perlu punya alasan kuat mengapa kamu ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan itu kamu mulai bisa mempertimbangkan hal-hal secara mendetail dan bukan hanya sekedar ikut-ikutan.

 

2. Bidang apa yang kamu minati saat ini

Jika kamu memiliki suatu bidang yang diminati dan ingin benar-benar menggelutinya sebagai pekerjaan tetap nanti, akan lebih mudah untuk kamu mencari jurusan perkuliahan yang kira-kira relevan dengan bidang tersebut.

 

3. Di mana kamu ingin melanjutkan perkuliahan?

Photo Credit: tripsavvy.com

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, kamu harus melakukan riset yang detail kira-kira di mana negara terbaik untuk melanjutkan pendidikan dari jurusan yang kamu akan pilih. Kamu bisa pertimbangkan berdasarkan peluang magang dan peluang kerja lulusan jurusan tersebut di sebuah negara. Atau kamu mungkin memiliki keinginan terpendam untuk bisa menetap selama kurun waktu beberapa tahun di suatu negara, mempelajari budaya dan bahasa mereka. 

 

4. Berpikir realistis untuk ambil langkah ke depan. Perhitungkan sejauh mana kemampuanmu

Memperhitungkan kemampuan juga sangat penting. Baik itu kemampuan akademik, kemampuan finansial maupun kemampuan lainnya. Apakah kamu mampu menanggung biaya penerbangan, biaya kuliah dan biaya hidup di sana selama masa studi? Sayang sekali kan kalau kamu harus berhenti ditengah jalan karena salah perhitungan. Saat ini banyak kok universitas yang menyediakan beasiswa kepada mahasiswa. Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai salah satu calon penerima beasiswa.

 

5. Lakukan riset dan buat daftar universitas dan jurusan dari perhitungan realistis tersebut

Berdasarkan kemampuanmu tadi, kamu bisa mulai mengumpulkan data-data universitas mana yang masuk ke dalam jangkauan kemampuanmu. Ada banyak blog dan website yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan riset. Jangan lupa untuk bertanya secara langsung dengan orang-orang yang sudah atau sedang kuliah di negara/universitas tersebut untuk tahu informasi yang sesungguhnya karena tidak semua yang tertulis di internet dapat dipercaya 100%.

 

6. Apa yang kamu cari saat kuliah?

Apa yang kamu cari dengan melanjutkan kuliah? Apakah kepopuleran nama kampusnya, fasilitas yang lengkap atau biaya kuliah yang terjangkau? Jika kamu sudah punya kriteria tersendiri mengenai universitas impianmu, coba tuliskan kriteria-kriteria tersebut dan mulailah buat peringkat dari data yang sudah kamu peroleh. Daftar plus dan minus dari universitas yang kamu riset akan membantumu menentukan pilihan terbaik.

 

7. Pilih jurusan yang sesuai dengan metode pembelajaran yang kamu sukai

Photo Credit: insidehighered.com

Metode pembelajaran yang kamu inginkan juga akan mempengaruhi seberapa betah kamu di jurusan saat kuliah nanti. Apa kamu lebih senang belajar teori atau praktik secara langsung? Apa kamu lebih senang terlibat di dalam sebuah grup atau individual? Pilihlah jurusan yang sesuai dengan gaya belajarmu. Atau jika kamu ingin menantang diri sendiri, kamu bisa juga memilih jurusan yang akan membawamu keluar dari zona nyaman.

 

8. Cari tahu prospek karir ke depan

Pendidikan adalah investasi untuk masa depan. Jadi kamu harus punya gambaran mengenai karir apa yang kira-kira akan dicari di masa depan saat kamu lulus kuliah nanti. Kamu juga bisa mencari tahu di mana saja lulusan dari universitas yang kamu tuju akhirnya berkarir. Atau seberapa besar peluangmu untuk bisa berinteraksi dengan pelaku-pelaku bisnis di bidang kamu minati jika kamu memilih melanjut ke unviersitas tersebut. Saat ini sudah banyak perusahaan yang bekerja sama dengan universitas untuk masalah perekrutan karyawan.

 

9. Diskusikan dengan Orang tua, Guru Pembimbing dan orang di sekitar

Libatkan orang-orang di sekitarmu untuk bisa memberi masukan mengenai jurusan dan universitas yang akan kamu masuki nanti. Memang benar kamu yang akan menjalaninya, tapi tidak ada salahnya mendengarkan saran dari orang-orang terdekat untuk dapat mengambil keputusan yang tepat.

 

Gimana, mates? Tertarik untuk mencoba langkah-langkah di atas? Semoga sukses menemukan jurusan yang kamu idam-idamkan ya.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment