CARI TAHU 7 HAL INI TERLEBIH DAHULU SEBELUM MENDAFTAR KE PERGURUAN TINGGI



library-1822683_1920.jpg
Photo by pixabay.com

Siapa yang sudah tidak sabar untuk mengganti seragam sekolah menjadi pakaian bebas dan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan?

Semester baru sudah dimulai. Itu artinya persiapan UN dan SBMPTN sudah harus semakin ditingkatkan. Kamu-kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMA, kita yakin kamu pasti bisa melewati semester ini dengan baik karena kamu tentu sudah mempersiapkan diri sejak awal.

 

Gimana? Sudah mulai memimpikan kehidupan perkuliahan nanti? Nah, tepat banget nih, mates. Kali ini kita akan bahas hal apa saja sih yang perlu kamu ketahui sebelum nanti mendaftarkan diri untuk masuk perguruan tinggi. Simak informasi ini sejenak ya mates.

7. Jurusan dan Universitas Impianmu

Photo Credit: buc.edu.vn

Hal paling dasar banget nih, mates. Kamu sudah harus tahu sejak awal mau masuk jurusan apa dan di universitas mana. Jangan sampai menyesal karena merasa salah jurusan atau tidak cocok dengan kondisi perkuliahan di universitas yang dimasuki, ya. Banyak sih mahasiswa yang mengaku salah jurusan tapi tetap bisa wisuda. Tapi kalau ujung-ujungnya kuliah dan merasa tersiksa sepanjang masa perkuliahan, kan hanya akan mempersulit dirimu sendiri?! Jadi sebaiknya pastikan terlebih dahulu kalau jurusan dan universitas yang kamu pilih sudah sesuai dengan kemauanmu.

6. Cari Tahu Lokasi Kampus

Photo Credit: online-tech-tips.com

Ibarat mau berperang, prajurit harus paham medan tempur. Kamu juga harus tahu seperti apa lokasi kampusmu nanti. Ya, memang kuliah dan perang itu dua hal yang berbeda. Tapi jangan sampai nanti kamu mundur di tengah jalan dengan alasan tidak senang dengan lokasi tempat kuliah. Kan sayang banget?!

5. Lingkungan Masyarakat

Photo credit: york.ac.uk

Kenali seperti apa lingkungan masyarakat di tempat yang akan kamu tuju. Persiapkan diri dan usahakan dapat beradaptasi dengan cepat. Lingkungan juga mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam studi. Pastikan nantinya orang-orang di sekitar kamu adalah mereka yang bisa mensupport kamu selama masa kuliah, baik dalam studi maupun sekedar memberi dorongan untuk rajin kuliah.

4. Tempat Tinggal Selama Kuliah

Photo credit: usfca.edu

Lakukan riset tentang tempat tinggal di kampusmu nanti. Apa kamu akan memilih ngekos jika kelak merantau, tinggal di asrama mahasiswa atau mau berangkat dari rumah saja kalau jaraknya masih terjangkau. Semuanya tergantung pada kamu, mates. Pilih senyamannya kamu.

3. Transportasi Mahasiswa

Photo Credit: commons.wikimedia.org

Cari tahu transportasi sehari-hari yang digunakan para mahasiswa. Apa mereka naik kendaraan pribadi, naik angkutan umum, atau ada tersedia angkutan khusus mahasiswa dari kampus? Beberapa universitas biasanya memiliki moda angkutan yang dikhususkan untuk mahasiswa mereka sendiri. Tentu lebih gampang buat para mahasiswa untuk pergi dan pulang kuliah.

2. Sistem Perkuliahan

Photo credit: jtbc

Masuk perguruan tinggi artinya beralih dari gelar Siswa ke Mahasiswa. Tentu akan ada banyak perbedaan. Nah, untuk bisa menyesuaikan diri di awal perkuliahan ada baiknya kamu cari tahu lebih dulu seperti apa sistem perkuliahan itu sendiri, supaya nantinya tidak terkejut setelah ada di dalam.

1. Waktu Penerimaan

Photo Credit: hwca.com

Yang paling utama adalah mengetahui kapan waktu penerimaan mahasiswa baru, jadi kamu bisa mengukur sejauh mana persiapan kamu. Apa persiapan belajar kamu selama ini sudah bisa membantu meningkatkan persentasi diterima nantinya di kampus impian kamu? Kalau belum, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk nanti, mates.

 

Semangat dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional dan seleksi masuk perguruan tinggi ya, mates. Jangan sampai semangat kamu kendor. Kita yakin kamu pasti berhasil melewati semester ini.

 

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment