KATANYA MAU DAPAT NILAI BAGUS, KOK BELAJARNYA MASIH SISTEM KEBUT SEMALAM?



sistem-kebut-semalam.jpeg
Photo by Google.com

Ujian sudah di depan mata. Bukannya buka buku dan belajar, kamu malah mengambil minggu tenang dan tidak persiapan sama sekali sampai sehari sebelum ujian. Saat malam hari sebelum ujian, kamu tidak ada pilihan lain selain melakukan sistem kebut semalam. Mempersiapkan kopi dan cemilan untuk begadang, kamu habisin malam itu dengan mempelajari materi secara acak berharap materi itu yang akan keluar saat ujian besok. Bukannya hapal materi, kamu malah akan kesulitan berkonsentrasi saat ujian karena kurang beristirahat. Tubuh dan pikiran yang tidak mendapat kesempatan untuk beristirahat akan membuatmu kesulitan untuk memahami isi soal yang diujikan.

 

Tidur yang cukup akan membantu untuk dapat berkonsentrasi saat ujian. Fokus yang terjaga akan mempermudah mengingat pelajaran sebelumnya dan membantu memahami maksud dari setiap pertanyaan. Pernah nggak mates, saat kamu membaca satu soal, kamu harus membacanya berulang-ulang karena otak tidak memproses informasi dari yang kamu baca? Pada akhirnya waktu untuk membaca berulang-ulang hanya akan menghabiskan kesempatanmu untuk menjawab soal lain.

 

Belajar dengan sistem kebut semalam atau yang biasa disebut SKS mungkin bagi beberapa orang lebih efektif dibandingkan harus benar-benar mempersiapkan diri dari jauh hari. Tapi belajar dengan SKS tidak begitu membantu saat pelajar memiliki lebih dari satu mata pelajaran yang akan diujikan. Alih-alih mengingat teori yang dibaca tadi malam, yang terjadi adalah blank dan tidak bisa ingat apapun teorinya. Apalagi kalau isi soalnya bukan hanya menyebutkan istilah, tapi harus menjelaskan secara rinci topik yang ditanyakan, alamat mengarang bebas deh jadinya. Pernah mengalami hal ini mates? Jera nggak buat belajar SKS?

 

Kalau mau memperbaiki nilai dan cara belajar, kamu boleh banget nih mates contek cara di bawah ini.

 

Atur Waktu Belajar untuk Hindari Stress

Mengatur waktu belajar adalah kunci utama untuk mencegah otak kita mengalami stress karena dijejali informasi dalam satu waktu yang singkat. Otak yang dijejali semua informasi hanya akan membuatmu pusing dan informasi tidak bisa ditampung maksimal oleh otak. Jadinya, semua yang kamu baca hanya akan sia-sia karena tidak tersimpan di dalam ingatan.

Dengan mengatur waktu belajar, kamu telah membantu otakmu untuk memroses informasi secara maksimal. Waktu belajar yang teratur dengan baik akan menjauhkan kamu dari sistem kebut semalam yang tidak baik untuk kesehatan.

 

Usahakan Mengulang Kembali Membaca Pelajaran

Membaca kembali pelajaran yang sudah diterima saat di sekolah, tempat les maupun kuliah dapat membantu mengasah daya ingat. Dengan membaca materi yang sama berulang kali, kamu akan dapat menghapal isi materi dan memahami inti dari materi yang kamu baca.

 

Buatlah Catatan-Catatan Kecil untuk Mempermudah Menghapal

Usahakan membuat catatan-catatan kecil saat kamu menemukan istilah-istilah tertentu saat belajar. Dengan membuat catatan kecil, kamu akan lebih mudah menghapal materi dan menemukan materi yang kamu cari dengan mudah.

 

Tulis Kembali Materi ke Dalam Catatan dengan Bahasa Sendiri

Menulis kembali materi yang sedang dipelajari dengan menggunakan bahasa sendiri sangat efektif untuk kamu memahami materi lebih dalam. Bukan hanya mengandalkan hapalan saja. Saat kamu memahami isi materi dan mengerti isinya, bisa dijamin kamu akan mampu menjawab seperti apapun bentuk soal yang keluar saat ujian.

 

Cobalah Latihan Menjawab Soal Sendiri

Untuk mengetahui sejauh mana kamu sudah menguasai materi, kamu boleh mencari soal-soal yang berkaitan dengan topik yang akan diuji. Latihan menjawab soal-soal akan mempermudah kamu mengingat materi yang akan diujikan. Jika menemukan soal yang tidak bisa kamu jawab, masih ada waktu buat membuka kembali catatan kamu dan mencari jawaban yang tepat.

 

Gimana mates, sudah siap buat meninggalkan kebiasaan sistem kebut semalam belum? Sayangi tubuh kamu dengan memperbaiki pola belajar karena memaksakan tubuh untuk begadang di saat genting itu akan memperburuk ingatan kamu. Kalau kamu sayang tubuh dan sayang nilai, kamu pasti akan mempersiapkan semuanya secara maksimal dari jauh hari.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment