KETAHUI JENIS VISA SEBELUM BEPERGIAN KE LUAR NEGERI, AGAR TIDAK TERTAHAN DI IMIGRASI SEPERTI LEE JONG SUK



lee-jong-suk-fanmeeting.jpeg
Photo by Yes24Indonesia

Senin, 5 November 2018 beredar kabar yang mengatakan bahwa Lee Jong Suk dan 13 orang staffnya tertahan di bandara Soekarno Hatta karena paspor mereka ditahan oleh bagian imigrasi. Berdasarkan pemberitaan dari media, Lee Jong Suk dan tim seharusnya sudah kembali ke Korea Selatan pada tanggal 4 November. Akan tetapi pihak imigrasi tidak memperbolehkan karena adanya pelanggaran dalam kunjungannya ke Indonesia.

 

Lee Jong Suk berkunjung ke Jakarta, Indonesia untuk menghadiri Fan Meeting ‘Crank Up’ yang sudah dinanti-nantikan penggemarnya pada tanggal 3 November lalu. Setelah menyelesaikan rangkaian acara di Hall Kota Kasablanka, dia dan tim hendak bertolak ke negara asalnya namun tidak diperbolehkan oleh pihak imigrasi bandara.

 

Berdasarkan klarifikasi pihak A-Man Project, selaku pihak agensi yang menaungin Lee Jong Suk, mereka baru pertama kali mengalami hal ini dan membuat mereka terkejut. Mereka mempertanyakan perihal tidak diberikannya ijin untuk kembali. Berikut ini adalah keterangan yang diberikan oleh pihak agensi Lee Jong Suk melalui akun instagram mereka:


“Hello. This is A-Man Project. We caused concern to a lot of people because actor Lee Jong Suk’s departure was delayed immediately after the Indonesian fan meeting due to the agencies and local promoter yes24’s way of handling business. This was our first time experiencing something like this, so we were very startled. Instead of thinking about himself, the actor was very concerned that this may affect his drama’s filming schedule. Fortunately, he was able to depart thanks to the help of the Indonesian embassy and he is currently on a flight on his way home.

“We’re currently continuing to look into the cause of this incident, but the agencies and yes24’s explanations keep changing. First, we heard that the local representative of yes24 took the actor and staff’s passports without any reason and disappeared. A few hours later, the local representative was detained by Indonesian tax authorities because they did not pay taxes. Their explanation changed and they said that the passports of the actor and staff in the local representative’s possession were taken away during this process. A couple of hours later, a local media outlet also reported that yes24 had not applied for a short-term work permit and that a visa issue also occurred because of this. Each and every single thing is so unbelievable that we don’t know what other explanations and excuses they’ll come up with next.

“We plan to respond with firm legal action against the agencies and local promoter who caused this incident through law firm Yulchon (lawyer-in-charge Ahn Jung Hye) and all countermeasures hereafter will be conducted through the law firm. We will only embrace the love and support shown by the local fans. We apologize once again to the drama production company, all of the staff members, and to the public for causing concern. We, the agency and [Lee Jong Suk] will repay the interest and love all of you have shown the actor through more sincere promotions.”


"Tidak ada penahanan, imigrasi Jakarta Selatan melakukan pemanggilan untuk interview terkait keberadaan dan aktivitasnya selama di Indonesia. Ditemukan oleh pihak imigrasi bahwa yang bersangkutan (Jong Suk dan tim) telah menyalahgunakan perizinan keimigrasian,” ujar Teodorus Simarmata, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jendral Imigrasi Kementian Hukum dan HAM.

 

Kasus serupa bisa berlaku bagi kamu loh, mates kalau tidak jeli saat akan mengajukan pembuatan visa. Jadi ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu jenis-jenis visa yang ada sehingga tidak salah saat mengajukan visa nanti. Saat hendak bepergian ke luar negeri, kamu harus mengajukan visa kunjungan saat akan memasuki negara yang tidak memberikan bebas visa.

 

Visa kunjungan terbagi menjadi beberapa jenis:

1. Visa On Arrival

Visa yang bisa dibuat saat kamu tiba di negara tujuan sehingga tidak perlu repot-repot membuatnya dari jauh hari. Visa dapat dibuat di pelabuhan atau bandara kedatangan. Namun sistem visa on arrival ini hanya berlaku antara negara yang menjalin hubungan yang baik.

 

2. Visa Kunjungan Wisata/ Tourist Visa

Visa ini harus diajukan dari jauh-jauh hari, paling sering digunakan orang saat bepergian ke luar negeri. Orang yang sudah memiliki visa ini dijamin boleh masuk ke hampir semua negara tujuan di dunia.

 

3. Visa Kunjungan Bisnis / Business Visa

Visa ini dibuat untuk orang yang memang memiliki keperluan bisnis dan kerja ke luar negeri. Jika kamu sering bepergian ke luar negeri untuk tujuan perjalanan bisnis seperti mengunjungi kantor pusat/cabang, rapat, pameran, atau seminar, visa ini wajib kamu miliki.

 

4. Visa Kunjungan Keluarga / Relatives Permits

Visa ini dibuat untuk orang yang bepergian ke luar negeri dengan tujuan mengunjungi keluarga. Batas tinggal di negara tujuan adalah maksimal 90 hari (3 bulan). Syarat pembuatan visa ini adlaah adanya surat undangan dari keluarga yang tinggal di negara tujuan, keluarga yang mengajukan undangan akan tercantum sebagai penjamin pengunjung selama berada di negara tujuan. Untuk memperoleh visa ini juga harus diajukan sebelum hari keberangkatan.

 

5. Visa Kerja / Work Visa

Visa ini dibuat untuk orang yang memiliki keperluan bekerja di negara tujuan. Visa ini bisa berupa izin tinggal sesuai dengan lama kontrak kerja, atau semi permanen, maupun permanen. Visa ini memiliki masa berlaku dalam jangka waktu yang lama, namun tidak bisa diperpanjang secara langsung. Pemilik visa harus kembali ke negara asal apabila ingin mengajukan perpanjangan visa/pembuatan ulang.

 

6. Visa Bisnis

Visa bisnis ini dibuat untuk orang yang ingin membuka bisnis di negara tujuan. Visa ini akan memberikan izin waktu tinggal yang agak lama untuk mengurus keperluan pendirian perusahaan. Visa ini juga bersifat dapat diperpanjang dan dapat memberi izin tinggal permanen.

 

7. Visa Belajar / Study Permit

Visa ini digunakan oleh siswa/mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri. Umumnya pembuatan visa ini lebih mudah apabila syarat di instansi pendidikan yang dituju sudah terpenuhi. Visa ini juga berlaku pada masa libur, selama masa pendidikan masih berjalan.

 

8. Visa Pertukaran Pelajar / Exchange Permits

Visa ini dibuat khusus untuk para pelajar yang mengikuti program pertukaran pelajar di negara yang dituju. Sama seperti visa belajar, visa pertukaran pelajar ini hanya berlaku sampai masa berlangsungnya program selesai. Proses pembuatan visa akan dibantu oleh lembaga yang mengadakan program pertukaran pelajar.

 

9. Visa Transit

Visa ini digunakan saat kamu harus transit di sebuah negara saat melakukan perjalanan ke negara tujuan. Perhatikan juga apakah visa yang kamu peroleh Airport Transit Visa atau Transit Visa. Jika kamu mendapat Airport Transit Visa, maka kamu tidak boleh menginap di luar bandara atau meninggalkan bandara walau hanya sebentar. Tapi jika mendapat Transit Visa maka kamu boleh keluar bandara dan melakukan perjalanan di negara itu layaknya turis. Biasanya masa berlaku visa ini maksimal 5 hari.

 

10. Visa Diplomatik

Visa ini digunakan oleh para diplomat di negara tujuan, baik itu untuk keperluan bekerja di instansi perwakilan negara (ambassador), atau hanya kunjungan diplomatik sementara seperti kunjungan dinas atau kunjungan kerja. Proses pembuatan dipermudah karena mendapat jalur khusus antar negara.

 

Nah, mates… Sudah tahukan harus mengajukan pembuatan visa yang mana saat akan pergi ke luar negeri nanti? Sebenarnya masih ada ratusan jenis visa lain yang berlaku di negara-negara luar. Akan tetapi umumnya visa yang diajukan oleh orang-orang adalah visa yang sudah disebutkan di atas. Kalau ingin mengajukan visa, jangan lupa baca dan cari tahu syarat dan kelengkapan berkasnya ya, mates.

 

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment