Suka Sains dan Teknologi? 5 Kampus Ini Bisa Jadi Alternatif Buat Kamu



unsplash_science.jpg
Photo by unsplash.com

Mates, coba tunjuk tangan siapa di sini yang suka dengan pelajaran IPA? Mungkin sebagian besar dari kamu nanti pas lulus SMA akan beranjak ke jurusan kuliah yang berbau dengan ilmu Sains dan Teknologi.

Ya, Sains dan Teknologi adalah salah satu ilmu yang paling banyak peminatnya. Pasalnya, ilmu ini memang sangat berguna banget untuk diaplikasikan sebagai solusi bagi kehidupan manusia. 

Biasanya, jurusan yang berkaitan dengan ilmu ini biasanya seperti Teknik, Biologi, Astronomi, atau juga Teknobiologi. Saat lulus, kamu bisa jadi ilmuwan, teknisi, atau masih banyak lagi, pokoknya profesimu nanti kelak akan menggeluti perpaduan antara alam semesta dan teknologi. Keren kan?

Nah, bagi kamu yang berencana untuk kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan yang berkaitan dengan Sains dan Teknologi, berikut MyStudyWorld sajikan  kumpulan universitas di Tanah Air yang cocok bagi kamu. Apa saja? Berikut daftarnya.

 

1. Universitas Indonesia

Balairung UI via dppf.ui.ac.id

Nama Universitas Indonesia alias UI pasti sudah tidak lagi asing terdengar di telinga kalian kan, Mates? 

Yup, universitas yang didirikan sejak 1849 silam ini memang merupakan universitas terbaik di Indonesia. Jadi, sudah nggak perlu diragukan lagi deh jika UI masuk ke dalam daftar rekomendasi universitas dengan jurusan Sains dan Teknologi paling kece.

UI yang sudah mencetak lebih dari 400.000 alumni ini memang menghadirkan banyak fakultas Sains Teknologi yang beragam, mulai dari Fakultas Matematika, Ilmu Pasti dan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik, serta Fakultas Ilmu Komputer.

 

2. Institut Teknologi Bandung

Via itb.ac.id

Selain UI, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga wajib masuk ke dalam daftar nih, Mates. Di ITB, ada banyak sekali pilihan fakultas dengan ilmu yang sarat akan Sains dan Teknologi. 

Sampai-sampai, ada jurusan studi Sains dan Teknologi yang tidak ada di universitas lain, seperti Teknik Aeronotika dan Astronotika, Teknik Metalurgi, Oseanografi, Meterologi, Mikrobiologi, Astronomi, hingga Sains Komputasi!

Menariknya lagi, banyak tokoh fenomenal Tanah Air yang kebanyakan lulusan Institut yang didirikan sejak 1920 silam ini, Mates. Sebut saja seperti Presiden RI pertama Soekarno, Presiden RI ketiga B.J. Habibie, sutradara kondang Joko Anwar, walikota Bandung Ridwan Kamil, dan masih banyak lagi!

 

3. Institut Pertanian Bogor

Jika ITB lebih technical dan fokus pada ilmu Teknik, ilmu Sains dan Teknologi yang ada di Institut Pertanian Bogor (IPB) lebih berfokus pada ilmu alam. IPB yang didirikan pada awal abad ke-20 ini dikenal dengan jurusan studinya yang unggul pada ilmu Kedokteran Hewan, Pertanian, Kehutanan, Ekologi Manusia, Perikanan dan Ilmu Kalutan, dan masih banyak lagi.

 

4. Universitas Gadjah Mada

gedung rektorat UGM via ugm.ac.id

Mates, UGM juga termasuk ke salah satu universitas dengan jurusan Sains dan Teknologi terbaik, lho. Universitas yang menduduki peringkat ke-5 terbaik di Asia Tenggara ini juga memiliki banyak beberapa peminatan ilmu Sains dan Teknologi, seperti jurusan Teknologi Hasil Hutan, Mikrobiologi Pertanian, Teknologi Hasil Ternak, Rekayasa Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, hingga Rekayasa Sistem Informasi.

 

5. Indonesia International Institute for Life Sciences

Lab riset I3L via http://i3l.ac.id

Jika keempat universitas yang disebutkan di atas terlalu jauh dari tempatmu, mungkin kamu bisa memilih Indonesia International Institute for Life Sciences, Mates. Universitas yang kerap disebut I3L ini merupakan hasil kolaborasi penddiikan antara Indonesia, Karolinska Institute, serta Swedish Unviersity of Agriculture Sciences di Swedia.

 

Di sini, kamu bisa menimba ilmu Sains dan Teknologi dengan tenaga pengajar berkelas dunia juga, Mates. Adapun beberapa jurusan yang ditawarkan meliputi ilmu Pangan, Teknologi Pangan, BioMedis, BioTeknologi, BioInformatika, BioEntrepreneurship, dan Farmasi.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment