Yuk, Rawat Monitor Komputermu Agar Tak Cepat Rusak dengan 4 Cara Ini



unsplash_laptop.jpg
Photo by unsplash.com

Mates, sebagian besar pekerjaan kita--entah itu tugas sekolah, kuliah, atau yang lain--pasti dilakukan komputer atau laptop. Akuilah, hampir sebagian besar dari kamu pasti menggunakan komputer setiap hari, kan?

Nah, penggunaan perangkat elektronik seperti komputer atau laptop juga harus diperhatikan, Mates. Sebab, jika tidak dirawat, perangkat elektronik semacam ini pasti mudah rusak.

Dari berbagai macam jenis kerusakan, komponen komputer atau laptop yang  ternyata paling sering rusak itu ternyata adalah monitor. Ya, kalau komponen yang satu ini sudah rusak, bisa berabe mengurusnya.

Pertama, mengganti monitor komputer atau laptop itu nggak mudah, kamu harus butuh tangan ahli untuk hal yang satu ini. Kedua, harga servis dan ganti komponen monitor juga nggak murah, Mates.

Pasti kamu harus merogoh kocek lebih dalam atau rela menghabiskan tabungan untuk menggantinya. Nah, supaya tidak kejadian, MyStudyWorld berikan tips agar kamu bisa mengantisipasinya dengan baik. Apa saja? Berikut daftarnya.

 

1. Jangan Makan atau Minum

Harus diakui, sulit rasanya mengerjakan tugas dengan mulut kosong. Godaan untuk ngemil itu memang selalu datang setiap waktu, apalagi pas mengerjakan tugas.

Namun, MyStudyWorld sarankan supaya kamu bisa menahan untuk tidak makan dan minum saat mengerjakan tugas di depan komputer atau laptop. Pasalnya, jika makanan atau minuman tertumpah dan kena monitor, bisa jadi ia terkena cairan yang merusak dan masuk ke dalam layar.

 

2. Jangan Tekan Monitor

Mates, menyentuh monitor laptop atau komputer tidak ada larangannya kok. Namun, sebagai catatan, jangan menekan monitor secara keras karena otomatis akan merusaknya. Apalagi jika monitormu modelnya flat panel. Sekadar diketahui, monitor komputer dan laptop ternyata tidak terbuat dari kaca secara utuh, tetapi juga terbuat dari plastik.

 

3. Jangan Tempelkan Magnet

Magnet adalah salah satu objek yang ternyata bisa merusak perangkat elektronik. Apalagi jika ditempelkan pada monitor. Jadi, jangan pernah lakukan hal ini ya, Mates. Sebab, magnet bisa menarik komponen mikro yang ada di dalam monitor dan membuatnya kendur, sehingga jadi rusak.

 

4. Bersihkan dengan Tisu atau Kain

Salah satu upaya paling mudah dan simpel untuk merawat monitor komputer atau laptopmu adalah dengan membersihkannya secara rutin. Kamu bisa menggunakan kain microfiber atau tisu dengan permukaan lembut untuk membersihkan monitor secara menyeluruh.

Namun, MyStudyWorld sarankan kamu jangan menggunakan cairan secara sembarangan, kecuali cairan pembersih yang dijual di toko-toko elektronik. Dengan melakukan hal ini secara rutin, monitor komputer atau laptopmu pasti akan terbebas dari debu atau objek kecil lain yang menganggu.


By: jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment